Hubungan Asupan Vitamin A dan C Dengan Kadar Timbal (Pb) pada Rambut dan Manifestasi Klinik Penyandang Autis

Sudana Fatahillah Pasaribu, Ginta Siahaan, Dini Lestrina, Saskiyanto Manggabarani

Abstract


Pendahuluan; Autisme Atau Autistic Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan anak yang gejalanya timbul sebelum berusia tiga tahun, manifestasi klinik autisme merupakan gejala-gejala klinik yang timbul pada penyandang autis. Penyandang autis di Indonesia 80% mengalami keracunan logam berat Pb yang disebabkan polusi. Pb dapat menyebabkan gangguan pada anak-anak seperti  penurunan kecerdasan dan perubahan perilaku. Asupan vitamin A  dan dan C yang cukup  pada penderita penyandang autis karena kadar Pb  yang bersifat Pro-aktif dapat dieliminasi dengan antioksidan. Tujuan; untuk mengetahui hubungan asupan vitamin A dan C dengan kadar timbal (Pb) pada rambut dan manifestasi klinik penyandang autis. Bahan dan Metode;  Penelitian ini bersifat observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan jumlah sampel 63 orang dan analisis data menggunakan uji correlation pearson dan correlation rank spearmen. Hasil; tidak ada hubungan asupan vitamin A dengan kadar Pb pada rambut penyandang autis diperoleh nilai p  (0,394), ada hubungan asupan vitamin C dengan kadar Pb pada rambut penyandang autis diperoleh nilai p (0,004), tidak ada hubungan asupan vitamin A dengan manifestasi klinik penyandang  autis diperoleh nilai p (0,435), ada hubungan asupan vitamin C dengan manifestasi klinik penyandang autis diperoleh nilai p value adalah (0,002). Kesimpulan  Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan asupan vitamin C dengan kadar Timbal (Pb) dan manifestasi klinik penyandang autis dan tidak ada hubungan asupan vitamin A dengan kadar Timbal (Pb) dan manifestasi klinik penyandang autis.


Keywords


Vitamin A dan C; Pb; Manifestasi Klinik; Autis

Full Text:

PDF

References


Onibala EM, Dundu AE. Kebiasaan makan pada anak gangguan spektrum autisme. 2016;4.

World Health Organization. “Autism spectrum disorders & other developmental disorders.” From raising awareness to building capacity. 2013;

Amalia R. Perbedaan kepadatan tulang antara penderita autis dan tidak autis. 2014;1–51.

Yusnita N. Hubungan Asupan Makanan Dengan Status Gizi Dan Perilaku Adaptif Anak Autis Di Paud Abk Mutiara Kasih Trenggalek. 2014;3.

Octiara E, Fahnia Z. Persentase maloklusi pada anak autis dan anak normal di kota medan. :141–6.

Fidiyatun, Setiani O, Suhartono. Hubungan Kadar Pb dalam Darah dengan Kejadian Gangguan Fungsi Hati pada Pekerja Peleburan Timah Hitam di Kabupaten Tegal. 2013;12(2):149–53.

Nugraheni SA. Diet dan Autisme. Semarang.: Pustaka Zaman; 2009.

Kharisma, Curie D. Hubungan antara kadar Pb, Cu dan Zn Rambut dengan gejala autisme pada anak. Unversitas Brawijaya; 2009.

Blaurock-Busch E, Amin OR, Dessoki HH, Rabah T. Toxic Metals and Essential Elements in Hair and Severity of Symptoms among Children with Autism. A J Clin Med. 2012;7(1).

Suhartono, Eko, Fachir H, Setiawan B. Kapita Selekta Biokima Stres Oksidatif : Dasar & Penyakit. Banjarmasin: Pustaka Benua; 2007.

Siswanto, Budisetyawati FE. Peran Beberapa Zat Gizi Mikro Dlalam Sistem Imunitas. J Gizi Indones. 2013;(1):57–64.

Liu X, Liu J, Xiong X, Yang T, Hou N, Liang X, et al. Correlation between Nutrition and Symptoms : Nutritional Survey of Children with Autism Spectrum Disorder in Chongqing, China. Nutrients. 2016;1–15.

Putra WH, Amin B, Anita S. Kadar Timbal ( Pb ) Pada Rambut dan Kuku Polisi Lalu Lintas di Kota Pekanbaru dan Kota Bengkalis. 2015;2:121–8.

Linder maria C. Biokimia Nutrisi dan Metabolisme Dengan Pemakaian Secara Klinis. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.; 2010.

Widjianingsih E, Wirjatmadi B. Hubungan Tingkat Konsumsi Gizi Dengan Proses Penyembuhan Luka Pascaoperasi Sectio Cesarea. Media gizi Indones. 2013;9(1):1–5.

Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2016.

T.M F. Pengaruh Pemberian Timbal Asetat dan Vitamin C Terhadap Kadar Malondialdehyede Dan Kualitas Spermatozoa didalam Sekresi Epididimis Mencit Albino (Mus musculus L) Strain BALB/C. Universitas Sumatera Utara; 2008.

Kessick R. Autisme dan Pola Makan yang penting untuk anda ketahui. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.; 2011.

Danuatmaja B. Menu Autis. Jakarta: Puspa Swara; 2004.

Madjri A, Fajar I, Fransisca H R. Studi Kasus : Efek Suplemen Vitamin A dan C pada Perilaku Anak Autism Spectrum Disorder. J Kedokt Brawijayua. 2011;26(4):240–5.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdg.v2i1.4381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.