Sosialisasi dan Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Mahasiswa Farmasi Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

Romauli Anna Teresia Marbun, Yanna Rotua Sihombing, Juliana Dalimunthe, Siti Wahyuni, Novidawati Br Situmorang

Abstract


Hipertensi didefinisikan dengan tekanan darah lebih dari atau sama dengan 130/80 mmHg. Sekitar 80-95% kasus mengalami hipertensi esensial, sehingga tidak ada penyebab spesifiknya. Keadaan hipertensi biasanya hanya memunculkan sedikit gejala juga seringkali luput dari perhatian, sehingga dapat memicu penyakit lain, contohnya gagal jantung, hipertrofi ventrikel kiri, stroke, penyakit ginjal stadium akhir, hingga kematian. Peran mahasiswa kesehatan khususnya farmasi dapat menjadi penyaluran informasi pada keluarga mengenai bahaya hipertensi dan cara penanganannya melalui pemberian obat. Metode pengabdian yang dilakukan dalam bentuk Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait penggunaan obat antihipertensi. Sosialisasi dan evaluasi penggunaan obat antihipertensi kepada peserta dilaksanakan secara online dengan menggunakan zoom meeting. Sebelum pemaparan materi dilakukan pretest terlebih dahulu. Setelah selesai pemaparan materi, para peserta diberikan posttest untuk mengetahui pengetahuan peserta atas materi yang disampaikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023 pukul 09.00-12.00 WIB. Peserta kegiatan aktif dalam diskusi dan memberikan pertanyaan. Hasil posttest menunjukkan bahwa pemahaman dan peningkatan pengetahuan mahasiwa terkait penggunaan obat antihipertensi sudah baik yang terlihat dari peningkatan poin dari pretest sebelumnya. Secara khusus mahasiswa farmasi yang spesifik belajar terapi hipertensi menjadi lebih mendalami kendala yang didapat oleh masyarakat. Perlu adanya kegiatan-kegiatan serupa yang rutin dilakukan untuk mencegah kesalahan penggunaan obat antihipertensi

Keywords


Sosialisasi; Hipertensi; Obat Antihipertensi; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aisyah S, Dianati S, Azrielriady DA, firdaus Alshol M. Evaluasi penggunaan obat antihipertensi pada pasien geriatri di Instalasi rawat Inap RSUD Kota Kediri. Java Heal Jounal. 2021;8(3).

Andriyani R, Fortuna TA. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi dan Keberhasilan Terapi Antihipertensi pada Pasien Hipertensi dengan Diabetes Mellitus di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi Tahun 2021. Usadha J Pharm. 2023;2(3):341–60.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Pelayanan Kefarmasian pada Hipertensi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Farmalkes; 2020.

Hasibuan DS, Susilawati S. Pengaruh Faktor Gaya Hidup dengan Kejadian Penyakit Hipertensi di Sumatera Utara. Naut J Ilm Multidisiplin Indones. 2022;1(6):456–9.

Fadhilah G, Lestari D, Rahayu AP, Syaputri FN, Tugon TDA. Evaluasi Profil Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di Salah Satu Rumah Sakit Kabupaten Bogor. J Sci Technol Entrep. 2021;3(1).

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal P2P; 2016.

Wulandari A, Arum FD, Febriani A. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta. Sainstech Farma J Ilmu Kefarmasian. 2023;16(2):114–20.

Tumurang MN. Promosi Kesehatan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka; 2018.

Pradono J, Kusumawardani N, Rachmalina R. Hipertensi : Pembunuh Terselubung di Indonesia. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB); 2020.

Ekaningtyas A, Wiyono W, Mpila D. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Kolongan Kabupaten Minahasa Utara. PHARMACON. 2021;10(4):1215–21.

Dagmar ZN, Lestari D, Rahayu AP, Syaputri FN, Asmara TD. Evaluasi Profil Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi di Salah Satu Klinik Kota Bandung. J Sci Technol Entrep. 2021;3(1).

Yani YA. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi Pasien Preeklampsia di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. WZ Johannes Kupang. CHMK Pharm Sci J. 2021;4(1):242–8.

Tambunan FF, Nurmayni, Rahayu PR, Sari P, Sari SI. Buku Saku Hipertensi si Pembunuh Senyap. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya; 2021.

Pradiningsih A, Nopitasari BL, Furqani N, Wahyuningsih E. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lumbung Farm J Ilmu Kefarmasian. 2020;1(2):61–5.

Putra MRA. Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Loa Bakung Samarinda. Pros Sekol Tinggi Ilmu Kesehat Samarinda. 2021;1:45–54.

Nurhidayat, Saiful. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Hipertensi dengan Pendekatan Riset. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press; 2016.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v5i1.5992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.