Upaya Berkelanjutan dalam Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menyikat Gigi Dengan Metode Multisensory Dental Education
Abstract
Perhatian mengenai kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan secara menyeluruh termasuk pada anak berkebutuhan khusus. Salah satu anak berkebutuhan khusus yang memerlukan perhatian khusus adalah anak dengan tunanetra yang rentan mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut terutama karies. Rendahnya pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut menjadi kendala bagi anak tunanetra untuk mencegah terjadinya karies, kalkulus, dan maloklusi. Maka dari itu perlu dilakukan kegiatan untuk meningkatkan pegetahuan anak tunanetra mengenai keterampilan menyikat gigi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku menyikat gigi pada guru, orang tua dan siswa tunanetra di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan demonstrasi cara menyikat gigi dengan metode multisensory dental. Penyuluhan dilakukan kepada Guru SLB dan orang tua siswa serta siswa SLB dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Hasil penyuluhan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi pada guru, orang tua dan siswa SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu terjadinya peningkatan pengetahuan guru, orang tua dan siswa dalam melakukan sikat gigi dengan baik dan benar serta para peserta menjadi mengetahui dan memahami serta mampu mempratekkan cara menyikat gigi yang baik dan benar agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga masalah-masalah gigi dan mulut yang timbul dapat dicegah dan diatasi sedini mungkin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elsman EBM, Al Baaj M, van Rens GHMB, Sijbrandi W, van den Broek EGC, van der Aa HPA, et al. Interventions To Improve Functioning, Participation, And Quality of Life In Children With Visual Impairment: A Systematic Review. Surv Ophthalmol. Elsevier Inc; 2019;64(4):512–57.
Narayanan SP, Rath H, Mahapatra S MM. Preparedness Toward Participation In Disaster Management: An Online Survey Among Dental Practitioners In A Disaster Prone Region Of Eastern India. J Educ Health Promot. 2023;12(February):1–6.
Liu L, Zhang Y, Wu W, He M, Lu Z, Zhang K, et al. Oral Health Status Among Visually Impaired Schoolchildren In Northeast China. BMC Oral Health. 2019;19(1):1–7.
Husna N, Prasko P. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. J Kesehat Gigi. 2019;6(1):51.
Mohebi S, Parham M, Sharifirad G, Gharlipour Z. Social Support and Self ‑ Care Behavior Study. 2018;(January):1–6.
Sharififard N, Sargeran K, Gholami M, Zayeri F. A Music- and Game-Based Oral Health Education for Visually Impaired School Children; Multilevel Analysis of A Cluster Randomized Controlled Trial. BMC Oral Health. BMC Oral Health; 2020;20(1):1–9.
Astuti A D, Hidayati S, Sarwo Edi I, Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya J. Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Tunanetra Ditinjau Dari Penggunaan Dental Braille Education (DBE) Dan Dental Audio Education (DAE) (Systematic Literature Review). J Ilm Keperawatan Gigi (JIKG. 2021;2(2):225–24p.
Rusmiati R, Gumilar MS, Rosmawati R. Peningkatan Keterampilan Menyikat Gigi pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Kota Jambi dengan Menggunakan Metode Multisensory Dental Education. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2022;6(3):1393.
Kariadi MT, Riyanto M. Pola Literasi pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Pros Semin Nas dan Call Pap. 2019;8:285–96.
Gumilar MS, Kurnianti R, Sari RD. Pendidikan Kesehatan Gigi dan Pelatihan Kartu Terampil Menyikat Gigi Berbasis Inter Professional Colaboration (IPC) pada Guru dan Murid di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Muaro Jambi. Bubungan Tinggi J Pengabdi Masy. 2022;4(3):753.
Febriani VW, Chandrawati B, Widiantoro D. Making Education Game to Choose Healthy Snacks for Children. Sisforma. 2017;3(1):26.
Gunawan D. Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA J Ilm Pendidik IPA. 2020;2(1):1–9.
Elfidia Arista B, Hadi S, Kesehatan Kemenkes Surabaya P, Keperawatan Gigi J. Penggunaan Media yang Efektif dalam Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar. J Ilm Keperawatan Gigi. 2021;2(2):209–2015.
Nida FLK. Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. 2018;2(1):45–64.
Agustini F. Pelaksanaan Program Pembelajaran Individual Anak Tunagrahita Ringan. BASIC Educ. 2019;8(4):381–90.
DOI: https://doi.org/10.33085/.v4i2.5748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6285276779848. Tel: (061) 42084606