Sosialisasi Penggunaan Gelang Identitas Pasien di Rumah Sakit Umum Delia Langkat
Abstract
Keselamatan pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Kesalahan karena keliru-pasien sebenarnya terjadi di semua aspek diagnosis dan pengobatan. Gelang identitas pasien digunakan untuk membantu mengidentifikasi pasien. Tiap –tiap pasien rumah sakit berhak diidentifikasi secara benar. Dengan demikian, pasien akan mendapat tindakan tepat selama menjalani masa perawatan. Risiko salah pasien, salah tindakan, atau salah prosedur pun dapat dicegah. Pasien yang dirawat inap di rumah sakit kini harus menggunakan gelang identitas. Adapun gelang identitas memuat 3 data penting seperti nama pasien, tanggal lahir, dan medical record atau nomor rekam medis. Gelang yang digunakan pasien berfungsi dalam memberi peringatan dini kepada petugas kesehatan. Pentingnya penggunaan gelang identitas yang sesuai dengan warna yang warna tersebut di sesuaikan dengan kondisi fisik atau keadaan pasien pada saat berada di rumah sakit. Adapun tujuan dari dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk membentuk pola prilaku pasien rawat inap dalam penggunaan gelang identitas dan meningkatkan pengetahuan pasien rawat inap serta keluarga di RS Delia Langkat mengenai kegunaan dari pemakaian gelang identitas saat sedang menjalani perawatan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode ceramah atau sosialisasi mengenai penggunaan gelang identitas pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kartikasari D. Administrasi Rumah Sakit. Malang: Wineka Media; 2019.
Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Pelayanan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2020.
Sakinah S, Wigati PA, Arso SP. Analisis Sasaran Keselamatan Pasien Dilihat dari Aspek Pelaksanaan Identifikasi Pasien dan Keamanan Obat di RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. J Kesehat Masy. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro; 2017;5(4):145–52.
Panesar SS, Steven AC, Salvilla SA, Sheikh A. Keselamatan Pasien dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Erlangga; 2019.
Tulus H, Maksum H. Redesain Sistem Identitas Pasien sebagai Implementasi Patient Safety di Rumah Sakit. J Kedokt Brawijaya. 2015;28(2):221–7.
Mudayana AA. Pelaksanaan Patient Safety oleh Perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. J Kesehat Samodra Ilmu. 2015;6(2).
Neri RA, Lestari Y, Yetti H. Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. J Kesehat Andalas. 2018;7(2):48–55.
Anggraini D, Hakim L, Imam CW. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Identifikasi Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit. J Kedokt Brawijaya. 2014;28(1):99–105.
Lestari S, Aini Q. Pelaksanaan Identifikasi Pasien Berdasarkan Standar Akreditasi JCI Guna Meningkatkan Program Patient Safety di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit). 2015;4(1).
Hadi I. Manajemen Keselamatan Pasien (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish; 2017.
Sabran, Deharja A. Buku Ajar Praktik Klinis Rekam Medis (Pengantar Awal Turun Lapang). Tangerang: Pelita Medika; 2020.
Iman AT, Lena D. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2017.
Mahfud M. Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Pemasangan Gelang Identitas Pasien Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Penerimaan Pasien Rawat Inap. Indones J Hosp Adm. 2020;2(1):31–40.
Komisi Administrasi Rumah Sakit. Pedoman Tata Laksana Survei Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta: Komisi Administrasi Rumah Sakit (KARS); 2012.
Al-Mandhari A, Al-Zakwani I, Al-Adawi S, Al-Barwani S, Jeyaseelan L. Awareness and Implementation of Nine World Health Organization’s Patient Safety Solutions Among Three Groups of Healthcare Workers in Oman. BMC Health Serv Res. BioMed Central; 2016;16(1):1–7.
DOI: https://doi.org/10.33085/.v2i1.5513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6285276779848. Tel: (061) 42084606