Kualitas Produk dan Layanan Coffee Shop yang Dikunjungi: Sebuah Studi Pada Mahasiswa

Cita Eri Ayuningtyas, Retty Ikawati, Yunda Maymanah Rahmadewi, Salsabila Thifani Imtinansuni

Abstract


Pendahuluan; Pertumbuhan industri kuliner dari tahun ke tahun dirasa cukup pesat, salah satunya bisnis coffee shop. Coffee shop merupakan salah satu industri makanan massal yang tergolong dalam kategori komersil. Coffee  shop menjadi daya tarik karena menyajikan berbagai fasilitas tidak sekedar makanan saja. Lokasi yang cukup strategis dan kelengkapan sarana yang diberikan membuat coffee shop lebih diminati dibandingkan industry makanan lainnya.  Banyak pilihan coffe shop yang saat ini berkembang, namun hampir semua coffee shop tidak pernah kunjung sepi dari konsumen. Tujuan; Untuk melihat persepsi  kualitas produk dan layanan pada coffee shop yang dikunjungi mahasiswa. Metode; Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus hingga Oktober 2022. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang diambil secara voluntary sampling dan didapatkan 124 mahasiswa. Subjek yang bersedia mengikuti penelitian dapat mengisi link gform. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan juga dianalisis secara bivariate pearson correlation untuk melihat hubungan dua variable.  Hasil; persepsi kualitas produk dan layanan berada pada kategori kurang baik ( >50%). Analisis statistik kualitas produk mempengaruhi frekuensi kedatangan mahasiswa di coffee shop (p=0,028). Kesimpulan; persepsi kualitas produk dan layanan coffee shop yang dikunjungi sebagian besar berada pada kategori kurang baik. Namun, secara statistik, persepsi kualitas produk mempengaruhi frekuensi kedatangan pada coffee shop.


Keywords


Coffee Shop: Kualitas Produk: Kualitas Layanan

Full Text:

PDF

References


Khoirul M, Yudana G, Rahayu P. Faktor Utama Pemilihan Lokasi Kafe Di Kota Surakarta. Desa-Kota J Perenc Wilayah, Kota, dan Permukim. 2019;1(2):108–20.

Herlyana E. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT. 2012;13(1):188–204.

Anonim. Yogyakarta`s Coffee Business Potential Reaches Rp350.4bn. Tempo.Co. 2016.

Suryani CD, Kristiyani DN. Studi Fenomenologi Pada Gaya Hidup Baru Anak Muda Sebagai Pengunjung Coffee Shop Di Kota Salatiga. PRecious Public Relations J. 2021;1(2):177–201.

Setya Ningrum A, Suryoko S. Pengaruh Harga, Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Peacockoffie, Semarang. Diponegoro J Soc Polit Sci. 2018;1(1):1–10.

Rasmikayati E, Deaniera AN, Supyandi D, Sukayat Y, Saefudin BR. Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi. Mimb Agribisnis J Pemikir Masy Ilm Berwawasan Agribisnis. 2020;6(2):969.

Karya H. Pengaruh Variasi Menu, Harga Dan Suasana Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Warunk Upnormal Di Kota Makassar. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia; 2019.

Mahanani AE. Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Rumah Makan Moro Sakeco Grabag Magelang. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.; 2017.

Allafi AR, Saleh A, Aldughpassi A, Al-Haifi AR, Hersi A, Ahmad F, et al. Culture, gender and coffee drinking in Kuwait. Prog Nutr. 2020;22(2):479–84.

Demura S, Aoki H, Mizusawa T, Soukura K, Noda M, Sato T. Gender Differences in Coffee Consumption and Its Effects in Young People. Food Nutr Sci. 2013;04(07):748–57.

Himawan AG, Rahadi RA. Customer Preferences on Coffee Shop Consumptions: a Conceptual Model. Adv Int J Business, Entrep SMEs. 2020;2(3):19–32.

Duman F. Effects of Coffee Shops’ Food Quality, Service Quality and Ambience Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in Batman, Turkey. Int J Innov Approaches Soc Sci. 2020;4(3):54–68.

Baharudin DN, Lestariningsih M. Pengaruh Produk, Harga, Tempat dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Kopi Rolag. J Ilmu dan Ris Manaj. 2018;7(10):1–18.

Mariansyah A, Syarif A. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. J Ilm Bina Manaj. 2020;3(2):134–46.

Nasihin MA, Subagyo SEF, Erfariani SA, Farida SN. Strategi Bisnis Era New Normal pada Kedai Kopi di Surabaya (Studi Kasus pada Beby’s Coffe di Jalan Srikana timur No. 44 Surabaya). E-Bisnis J Ilm Ekon dan Bisnis. 2020;13(2):76–88.

Anonim. Personal Branding Melalui Foto Makanan Di Media Sosial. Binus University. 2017.

Putri MJ. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Halal (Studi pada Konsumen Mi Ramen Jepang Halal di Jabodetabek). Indones Bank Sch. 2018;1(1):1–18.

Purnomo M, Yuliati Y, Shinta A, Riana FD. Developing coffee culture among indonesia’s middle-class: A case study in a coffee-producing country. Cogent Soc Sci. 2021;7(1):1–12.

Handayani LS, Wirastomo JT, Widodasih WK. Keputusan Pembelian Word Of Mouth, Kualitas Produk, Dan Harga. J Pelita Ilmu. 2020;14(2):31–45.

Riswara EP, Wagiman, Purwadi D. The strategy of increasing customer satisfaction of coffee shop in Yogyakarta through GAP Analysis. IOP Conf Ser Earth Environ Sci. 2021;828(1):1–3.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdg.v5i2.5531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.