Developing Balanced Nutrition Snakes and Ladders as Educational Media for Balanced Nutrition Tumpeng on Elementary School Student

Arif Rahmat Kurnia, Mursid Tri Susilo, Mardiana Mardiana

Abstract


Balanced nutrition tumpeng is a health promotion media created by the health ministry to replace the four healthy five perfect. This tumpeng was made in 2014, but the socialization is still not evenly distributed. No children in Kalikayen Village were detected as having malnutrition in the last 5 years but instead tended to be overweight so they were at risk of degenerative diseases. Objective; to determine the ability of snakes and ladders to be balanced nutrition in increasing students' knowledge. Materials and Methods; type of research is experimental with the design of one group pre-post test design. This study involved 36 grade IV and V students from Kalikayen 2 Public Elementary School with the intervention in the form of a game of snake tumpeng ladder balanced nutrition. Results; the results of the Wilcoxon test between pre-test and post-test obtained p = 0.011 with a significance level of 0.05 so that there was a significant difference before and after the intervention. Conclusion; the use of balanced nutrition tumpeng snakes and ladder has been proven to be able to increase knowledge about balanced nutrition.


Keywords


Nutrition Education; Balanced Nutrition Tumpeng; Snakes and Ladders

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Gizi Seimbang (Pedoman Teknis Bagi Petugas dalam Memberikan Penyuluhan Gizi Seimbang). Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, editor. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2014. 129 p.

Hikmawati Z, Yasnani, Sya’ban AR. Pengaruh Penyuluhan dengan Media Promosi Puzzle Gizi Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 06 Poasia Kota Kendari 2016. Universitas Halu Oleo; 2016.

Syofia, Siagian A, Nasution E. Pengaruh Penyuluhan Makanan Bergizi Beragam Seimbang dan Aman dengan Menggunakan Flash Card dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Anak Kelas 1-3 SD Islam Titi Berdikari Kecamatan Medan Labuhan Tahun 2014. J Univ Sumatera Utara. 2014;1 No.4:1–11.

Putri AR. Perbedaan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah Setelah. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Lubis FSL. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Ular Tangga terhadap Pengetahuan tentang Pedoman Gizi Seimbang (PGS) pada Siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 08 Kinari Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Vol. 29. Universitas Andalas; 2016.

Putri WW, Wahyuni S, Afriyani LD. Perbedaan Perilaku Seksual Remaja Pedesaan dan Perkotaan di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. STIKES Ngudi Waluyo; 2016.

Hamidah S. Perbedaan Pola Konsumsi Bahan Makanan Sumber Protein Keluarga di Daerah Pantai, Dataran rendah dan Dataran Tinggi di Wilayah Kota Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang; 2016.

Bappeda Kabupaten Semarang. Data Strategis Kecamatan Ungaran Timur 2014. Kabupaten Semarang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang; 2014.

Trisnawati E. Hubungan Pemenuhan Gizi Seimbang dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak - Kanak Dharma Wanita Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Universitas Jember; 2013.

Hamdani D, Kurniati E, Sakti I. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta. 2012;X(1):79–88.

Hermansyah H, Gunawan G, Herayanti L. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. J Pendidik Fis dan Teknol. 2017 Mar;1(2):97.

Hake RR. Analyzing change/gain scores. California; 1999.

Lestari W, Rezeki SHI, Siregar DM, Manggabarani S. Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Anak Sekolah Dasar Negeri 014610 Sei Renggas Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. J Dunia Gizi. 2018;1(1):59–64.

Amalia Z, Tarigan N, Manggabarani S, Nababan ASV. Hubungan Asupan Protein, Vitamin C dan Asupan Vitamin D dengan Densitas Mineral Tulang (DMT) Pada Wanita Dewasa Muda di Kota Lubuk Pakam. J Dunia Gizi. 2018;1(1):36–44.

Milawati KN. Meningkatkan Kemampuan Membilang melalui Permainan Ular Tangga bagi Anak Tuna Rungu ( Single Subject Research Kelas D1 / B di SLB Amal Bhakti Sicincin ). E-JUPEKhu. 2012;1(2):329–37.

Diana. Efektifitas Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak ADHD. E-JUPEKhu. 2012;1(3):134–42.

Khudori M, Ashadi A, Masykuri M. Pembelajaran IPA dengan metode TGT menggunakan media games ular tangga dan puzzle ditinjau dari gaya belajar dan kreativitas siswa. J INKUIRI. 2012;1(2):154–62.

Sara P, Nurfianti A, Adriana. Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan dengan Simulasi Permainan Ular Tangga terhadap Perubahan Sikap tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah. J Proners. 2015;3(1).

Latifah K, Budiono I. Pengembangan Model Media KIE Gizi untuk Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pemilihan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS). J Heal Educ. 2016;1(2).

Amalia H, Mardiana. Hubungan Pola Asuh Gizi Ibu dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lamper Tengah Kota Semarang. J Heal Educ. 2016 May;1(2):8–13.

Wulandari M, Prameswari GN. Media Komik terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi pada Anak yang Gemuk dan Obesitas. J Heal Educ. 2017;2(1):73–9.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdg.v1i2.2941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.