Faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Stella Maris Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan
Sari
Latar Belakang; Loyalitas adalah bukti konsumen yang selalu menjadi pelanggan yang memiliki kekuatan dan sikap positif atas perusahaan. Keuntungan loyalitas bersifat jangka Panjang dan kumulatif, yaitu meningkatnya loyalitas pasien dapat menyebabkan sumber pendapatan atau keuntungan yang lebih meningkat, retensi pegawai yang lebih tinggi, dan basis keuangan yang lebih stabil. Berdasarkan survey awal kepada 12 orang pasien menunjukkan bahwa sebanyak 7 orang pasien mengatakan kurang puas dan 5 orang mengatakan puas terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Stella Maris Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan Tahun 2022. Metode; Desain penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan secara survey analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini diambil dari rata-rata jumlah pasien rawat jalan tiap bulan sebanyak 127 orang, dan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Dalam penelitian menggunakan uji chi-square. Hasil; Hasil penelitian menunjukkan nilai p untuk variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, citra rumah sakit, fasilitas rumah sakit sebesar 0,000(< 0,05).. Kesimpulan; bahwa faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, citra rumah sakit dan fasilitas rumah sakit. Disarankan kepada Rumah Sakit Stella Maris agar menyediakan kotak saran dan keluhan di rumah sakit, ruang tunggu yang nyaman, memberi pelayanan dengan sopan dan ramah agar pasien tetap loyal terhadap rumah sakit.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Herlambang S. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016.
Kementrian Kesehatan RI. undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2015;
Muninjaya AAG. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2012.
Pohan IS. Jaminan mutu layanan kesehatan. Jakarta: EGC; 2018.
Sumeliani NK. Word of Mouth, Citra Rumah Sakit, dan Loyalitas Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng. Widya Amerta J Manaj Fak Ekon. 2021;8(2):62–78.
Muninjaya A gde. Manajemen Kesehatan. 2011.
Setiawan S. loyalitas Pelanggan Jasa. In Bogor; 2011.
Koentjoro T. Regulasi Kesehatan Di Indonesia. Yogyakarta: cv.Andi Offset; 2011. 164 p.
Istijanto. Aplikasi Praktis riset pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2005.
Supriadi setiawan. loyalitas pelanggan jasa. Komalasari P, editor. jakarta: PT penerbit IPB Press; 2011.
Haryanti S, Masyarakat JK, Kedokteran F, Ilmu DAN, Islam U, Alauddin N. Faktor - faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien umum pada instalasi Rawat jalan di RSUD Haji Makasar 2019. 2019;
Afrizal. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien
Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien. J Ekon dan Manaj STIE Pertiba Pangkalpinang. 2018;4(1):70–86.
Sucipto cecep D. Metodologi penelitian kesehatan. Tangerang: gosyen publishing; 2020.
Muhammad I. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Sosial & Kesehatan. RB S, editor. Bandung: Cita Pustaka Media; 2012.
Tjipnoto fandi. Manajemen jasa edisi spertama. 2006;
Sulni YA, Darmawansyah, Indar. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Loyalitas Pasien Di Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap Tahun 2013. 2013;
Ervina M , Ryryn Suryaman Prana Putra dan MAS. Faktor - faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien rawat inap di RSUD Labuang Makasar. 2019;02:1–6.
Tjipnoto fandi. Pemasaran jasa edisi tiga. 2008.
Fista Fella Kipu, Wariki WMV, Bolang ASL. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Pelanggan Di Instalasi Rawat Jalan UPTD Rumah Sakit Tipe C Manembo-Nembo Bitung. J Public Heal
DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v7i2.6254
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.