Pengaruh Mutu Pelayanan Rawat Jalan terhadap Minat Berkunjung Kembali di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah

Selaras Trinyasah Waruwu, Rima Melinda Sembiring, Khairatunnisa Khairatunnisa, Tri Budiarti

Sari


Pendahuluan : Minat kunjungan ulang adalah keinginan datang kembali melakukan pembelian ulang karena cukup puas atas jasa yang ditawarkan. Berdasarkan data  kunjungan pasien rawat jalan tahun 2023 pada bulan April, Mei, dan Juni mengalami penurunan dari jumlah kunjungan setiap bulanya. Tujuan: Penelitian untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan rawat jalan terhadap minat berkunjung kembali di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah tahun 2023. Metode : Metode penelitian ini adalah kuantitaif pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pasien rawat jalan pada Tahun 2022 sebanyak 50.660 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan Rumus Slovin sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan statistic uji chi square,  dan multivariate menggunakan uji regresi logistic berganda. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi tangible dengan nilai p-value = 0,003 (< 0,05) ; dimensi reability dengan nilai p-value = 0,004 ; dimensi responsivenes dengan nilai p-value = 0,026 (< 0,05) ; dimensi assurance dengan nilai p-value = 0,015 (< 0,05) dan dimensi emphaty dengan nilai p-value = 0,003 (< 0,05) artinya ada hubungan yang signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Kesimpulan : Kesimpulan penelitian ada pengaruh tangibles, reliability, responsivenes, assurance, emphaty terhadap minat berkunjung kembali di Rumah Sakit umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023. Disarankan kepada direktur rumah sakit perlu adanya peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana terutama dibagian pendaftaran rawat jalan terkait reliability, responsivenes, assurance, emphaty, tangibles untuk tetap menjaga kualitas pelayanan yang baik serta untuk meningkatkan  minat berkunjung kembali di rumah sakit

Kata Kunci


Mutu Pelayanan, Minat Berkunjung Kembali

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Febri Endra Budi Setyawan. Manajemen Rumah Sakit. Taman Siodarjo: Zifatama Jawara; 2019. 23 P.

Kemenkes Ri. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/Sk/Ii/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Available From: Https://Www.Regulasip.Id/Book/9233

Ida Herdawati. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Malang: Literasi Nusantara; 2021. 44 P.

Yolanda Anastasia Sihombing, S.Kep. Mk. Loyalitas Pasien Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust,Komitmen,Brand Equity Dan Hospital Image. Jawa Tengah: Penerbit Nem-Anggota Ikapi; 29 P.

Saiful Simanulang. Manajemen Pelayanan Berbasis Loyalitas. Jawa Tengah: Cv Zt Corpora; 2022. 14 P.

Mu’ah. Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi Dan Kepuasan Pasien. Taman Siodarjo: Zifatama Jawara; 2021. 13 P.

Ernika B. Situmorang Dkk. · 2. Mpot Implementasi Manajemen Rumah Sakit. Zaharuddin, Editor. Jawa Tengah: Pt Nasya Expanding Management; 40 P.

Irwan Hadi. Manajmen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish Publisher; 102 P.

Haeruddin Aksu. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Dan Minat Kembali Di Rsud Haji Makassar. J Kesehat. 2021;4 No. 3(3):282–8.

Ginting T, Chairul M, Pane Py, Sudarsono S, Renaldi Mr, Lubis Fh. Mutu Pelayanan Dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit X. J Prima Med Sains. 2021;3(2):60–7.

Habibi Ah, Hakim Fh, Azizi Fs. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan Di Rsia Pku Muhammadiyah Cipondoh. J Jkft. 2020;4(2):11–21.

Ahyar H, Maret Us, Andriani H, Sukmana Dj. Hardani. Buku Metod Penelit Kualitatif Kuantitatif Yogyakarta Pustaka Ilmu. 2020;245.

Sandu Siyoto ‎Muhammad As ·. Dasar Metodologi Penelitian. 2015.

Dr. Jenita Doli Tine Donsu Sm. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2019. 124-125 P.

Puji Lkr, Ismaya Na, Ulfa U. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Rs Bhineka Bakti Husada. Edu Masda J. 2020;4(2):167–76.

Ruri Yuni Astari. Mutu Pelayanan Kebidanan Dan Kebijakan Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher; 2020. 11 P.

Fatimah F. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pasien Rawat Jalan Untuk Berkunjung Kembali Ke Rsu Rachma Husada Bantul. Universitas Gadjah Mada; 2020.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v7i1.6245

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.