Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di Rumah Sakit Umum Sundari

Yeslina Wati Harefa, Ribka Panjaitan, Etika Iskandar Br. Ginting

Sari


Pendahuluan: Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya, kepuasan sangat erat hubunganya dengan “word of mouth” informasi mulut ke mulut, maka pelayanan yang memuaskan tersebut juga akan mendatangkan pelanggan baru. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap kebidanan di Rumah Sakit umum Sundari medan Tahun 2023. Metode:Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectiona.Populasi pada penelitian ini yaitu selurauh pasien melahirkan rawat inap kebidanan sebanyak 379 pasien. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 79 pasien. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat. Hasil: penelitian menunjukkan variabel reliability (kehandalan) memiliki nilai p = 0,000 < 0,05, responsiveness (daya tanggap) = 0,000 < 0,05, assurance (jaminan) = 0,000 < 0,05, empathy (empati) = 0,000 < 0,05, dan tangible (bukti fisik) = 0,000 > 0,05. Kesimpulan: dalam penelitian ini yaitu adanya hubungan reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangible (bukti fisik) terhadap kepuasan pasien. Saran yang diberikan adalah agar petugas kesehatan lebih tanggap dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan diberikan.


Kata Kunci


Kepuasan Pasien, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibel

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ristya Widi Endah Yani, Kiswaluyo, Ari Tri Wanodyo Handayani, Hestieyonini Hadnyanawati, Surartono Dwiatmoko EAAM. Praktek Kerja Lapangan Manajemen Pelayanan Kesehatan (PKL MPK). 2021. Hal 116.

Darwel, Miladil fitra, Naris Dyah prasetyawati, Erdi Nur, Musfirah, Edwina Rudyarti, Abdul Hadi Kadarusno, Sigid Sudaryanto SM. Sanitasi Rumah Sakit. 2020. 82 p.

DR. LA ODE KAMALIA MK. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit dan Puskesmas. 2022. Hal 44.

Chentia Misse Issabella, Seri Wahyuni D. Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan. 2023. p 52.

Mamik. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kebidanan. 2017. Hal 123.

Reski Dewi Pratiwi, S.KM., M.Kes. Noor Amaliah, Ns., M.Kep. Ryryn Suryaman Prana Putra, S.KM., M.Kes. Wa Ode Nurul Mutia, S.Tr.Keb. MK. Manajemen Rumah Sakit. 2022. hal 59-60.

Ns.Henrianto karolus siregar MK dkk. Ilmu Keperawatan Dasar. 2022.

Gulton RJ, Nababan D, Sipayung R, Hakim L, Tarigan FL. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. J Healthc Technol Med. 2021;7(2):1281–98.

Maryana M, Christiany M. Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Citra Delima J Ilm STIKES Citra Delima Bangka Belitung. 2022;5(2):105–12.

Hidayat A. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan.

Dr. Jenita Doli Tine Donsu, SKM Ms. Metedologi Penelitian Keperawatan. 2016. p 111-153.

Ruri Yuni Astari. Mutu Pelayanan Kebidanan Dan Kebijakan Kesehatan. 2020. 11–12 p.

Nugrohowati N, Wahyuningsih S. Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam Di RSUD Kota Tangerang Tahun 2019. Semin Nas Ris Kedokt. 2020;1(1):2020.

Saputra A, Ariani N. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo

Dina Mariana. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Rawat Inap dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien Untuk Memilih Rumah Sakit.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v7i1.6232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.