Faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam RSU Sylvani Kota Binjai

Atika Chintya Rahmadilla

Sari


Pendahuluan: Pelayanan Kesehatan merupakan upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi guna memelihara dan  meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat. Poli penyakit dalam adalah unit pelayanan poli yang menangani orang dewasa dan lansia, penyakit non bedah hingga berbagai keluhan dan gejala penyakit yang mencakup hampir seluruh tubuh. Tujuan: Penelitian ini bertujuan. untuk megetahui faktor yang berhubungan dengan pelayanan rawat jalan dipoli penyakit dalam RSU Sylvani Kota Binjai.  Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di RSU Sylvani Kota Binjai . Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 92 responden. Hasil: Hasil penelitian menggunakan uji chi square antara lain tangible dengan p-value 0,000 < 0,05, realibility dengan p-value 0,000 < 0,05, responsiveness dengan p-value 0,001 < 0,05, assurance dengan p-value 0,001 < 0,05, emphaty dengan p-value dengan 0,000 < 0,05 terhadap pelayanan.  Kesimpulan: ada hubungan antara variabel tangible,  realibility, responsiveness, assurance, emphaty terhadap pelayanan rawat jalan di poli penyakit dalam. Saran kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan jaminan pada pasien yang berobat untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk kesembuhannya, dan kemampuan para perawat untuk membantu pasien memberikan pelayanan secara cepat dan tanggap.


Kata Kunci


Pelayanan Kesehatan; Poli Penyakit Dalam

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Herni J FFRP. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Vol. 1st ed. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2020. 3–5 p.

WHO. Definisi Rumah Sakit. https://www.academia.edu. 2016;

Setyawan FEB, Supriyanto S. Manajemen Rumah Sakit. Sidoarjo: Zifatama Jawara; 2020.

A P. Fungsi Sosial Rumah Sakit Berdasarkan Ketentuan Pasal 29 Ayat 1 Huruf F Undang Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit Dikaitkan dengan Undang Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. UNISBA. 2016;

Hermasyah; Ayi D; dkk. Analisis Faktor yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Metode Servqual di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur. Heal Care J Kesehat. 2019;

Calundu R. Manajemen Kesehatan. Makasar: Sah Media; 2018. 9–12 p.

Mayang S. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2017. [Padang]: Universitas Andalas; 2017.

Sari MY. Kualitas Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Buleleng Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. J Widya Pubika. 2019;74–89.

Herlambang S. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016.

Hardisman; Andy Gp. Tanya Jawab Metodologi Penelitian Kesehatan Referensi Praktis Mahasiswa S1, S2, S3, PPDS dan Peneliti Pemuls. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2021.

Iman Muhammad. Pemanfaatan SPSS dalam Penelitian Sosial dan Kesehatan. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis; 2012.

Iman Muhammad. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis; 2018.

Budiman Agus Riyanto. Kapita Selekta Kuesioner (Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan). Jakarta Selatan: Salemba Medika;

Donsu JDT. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2016.

Tarigan J, Nadapdap TP, Syamsul D, Tarigan AM. Analysis of Service Quality in Pharmaceutical Installations on Outpatient Patient Satisfaction. J La Medihealtico. 2023;4(1):42–55.

Fakhsianoor F. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Batumandi Kabupaten Balangan Tahun 2021. An-Nadaa J Kesehat Masy. 2021;8(2):180–5.

Tarigan AM, Zein U, Syamsul D. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kebaikan Pasien Rawat Jalan Jantung di Rumah Sakit Advent Medan. J Rekam Med. 2018;1(2):64–75.

Tarigan AM, Fitria D. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjung Ulang Pasien di Klinik Pratama Kelambir Medan. Indones Trust Heal J. 2021;4(2):477–86.

Pusungunaung SW; Kolibu FK; Rumayar AA. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Kembali Pelayanan Oleh Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. KESMAS J Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2018;




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v6i1.5834

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.