Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien di Poli Penyakit Dalam RSUD Kota Subulussalam

Hendriansah Hendriansah

Sari


Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan suatu keadaan dimana keinginan dan harapan pelanggan atau pasien terpenuhi. Suatu pelayanan akan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan atau pasiennya. Berdasarkan survei awal kepada 10 orang pasien menunjukkan bahwa sebanyak 4 orang pasien yang mengatakan puas dan 6 orang pasien yang mengatakan tidak puas terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien di Poli Penyakit Dalam RSUD Kota Subulussalam tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh pasien di Poli Penyakit DalamĀ  dengan jumlah rata-rata pasien perbulan sebanyak 507 orang. Jumlah sampel sebanyak 84 orang yang diambil dengan tehnik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan statistik uji regresi logistik. Hasil: Hasil analisis uji regresi logistik menunjukkan bahwa nilai p masing-masing variabel antara lain responsiveness diperoleh p-value = 0,001, reliability diperoleh p-value = 0,001, assurance diperoleh p-value = 0,007, sedangkan berdasarkan uji chi-square emphaty diperoleh p-value = 0,937 dan tangible diperoleh p-value = 0,831.Kesimpulan: Penelitian ini adalah ada pengaruh responsiveness, reliability dan assurance terhadap kepuasan pasien, sedangkan emphaty dan tangible tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien di Poli Penyakit Dalam RSUD Kota Subulussalam tahun 2021. Diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan kepuasan pasien meliputi rasa kepedulian petugas dalam memberikan asuhan pelayanan kesehatan merupakan alat utama dalam memenuhi harapan pasien akan perlakuan istimewa, sehingga terwujudlah kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang mereka terima.


Kata Kunci


Faktor yang Memengaruhi, Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Indonesia MKR. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Republik Indonesia; 2014.

Herlambang S. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publising; 2016. 33 p.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Republik Indonesia; 2013.

Azwar A. Pengantar Administrasi kesehatan. ketiga. Tangerang: Binarupa Aksara; 2010. 81 p.

Satrianegara F M. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Tri Utami, editor. Jakarta: Salemba Medika; 2014. 219 p.

Alfianika N. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Budi Utama; 2018. 192 p.

Kementerian Kesehatan RI. Jaminan Kesehatan Nasional. Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Jakarta : Republik Indonesia;

Indonesia R. Undang-undang (UU) tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta : Republik Indonesia; 2011.

Eka YG. Pengaruh Kualias Pelayanan terhadap Kepuasan Masyrakat sebagai Pasien di Puskesmas Sering. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2018.

A. Parasuraman dan LLBZVA. Delivering Quality Services. New York: Free Press; 1990.

Adawiyah R. Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2015.

Indonesia R. Undang-undang (UU) tentang Kesehatan. Jakarta : Republik Indonesia; 2009.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i2.5110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.