Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara
Sari
Pendahuluan: Untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pelayanan instalasi farmasi di rumah sakit perlu adanya suatu standar pelayanan yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pemberian pelayanan kefarmasian. Dari hasil observasi peneliti terhadap 4 resep yang masuk ditemukan waktu yang dibutuhkan untuk pasien menerima obat masing-masing resep obat jadi 21, 26 dan 32 menit dan obat racikan 46 menit. Selain itu dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap pasien mengatakan tidak adanya penjelasan mengenai dosis dan penggunaan obat. Tujuan: untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan terhadap loyalitas pasien rawat jalan pada instalasi farmasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. Metode: Penelitian ini merupakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, dilkan di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara dengan populasi seluruh pasien rawat jalan dari poli mata, kebidanan, klinik dan gigi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Hasil: penelitian menunjukkan ada hubungan tingkat efisiensi dengan loyalitas pasien dengan nilai chi-square Asymp.sig 2-sided 0,000 > α 0,05 dan ada hubungan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien dengan nilai chi-square Asymp.sig 2-sided 0,000 < α 0,05. Hasil analisis mutivariat menunjukkan nilai F hitung 34.106 dengan signifikasi 0,000, dengan nilai probabilitas 0,05 maka secara serempak (Uji F) terdapat pengaruh antara variabel independen (Tingkat efisiensi dan kepuasan pasien) dengan variabel dependen (loyalitas pasien). Kesimpulan: Mutu pelayanan mempengaruhi loyalitas, semakin baik mutu pelayanan semakin loyal pasien tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Wijaya H. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Tahun 2012. Depok: Univeritas Indonesia; 2012.
KEPMENKES R. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1197/MENKES/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi DI Rumah Sakit. Jakarta: Menkes RI; 2004.
Siregar CJP. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2004.
Yusmainita. Pemberdayaan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pemerintah2005 25-10-2016 : 09.10 wib : Apriany Ramadhan Batubara. Available from: Http://www.tempo.co.id/medika/arsip/012003/top-1.htm.
Assauri S. “Customer Service Yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction” Dalam Usahawan. Jakarta2003.
F SDA, S S. Analisa Hubungan Antara Kepuasan Konsumen, Citra Hotel dan Hubungan Pribadi Dengan Kesetiaan Pelanggan Di Industri Perhotelan, Tata Niaga. Ekonomi dan Bisnis. 2000.
Depkes R. Departemen Kesehatan RI. SK Menkes No. 1333, 1999. Tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI; 1999.
Samosir MAV. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (IFRSUD) Pandan. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2008.
Kuingu Y, Indar, Syafar M. Pengaruh Faktor Pelayanan Farmasi Terhadap Keputusan Beli Obat Ulang Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Undatu Palu. Makasar: Universitas Hasanuddin; 2013.
Kiswandari E. Hubungan Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi dengan Pengambilan Obat Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Surakarta Tahun 2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.
Ifmaily. Analisis Pengaruh Persepsi Layanan Farmasi Pasien Unit Rawat Jalan Terhadap Minat Beli Obat Ulang di Instalasi Farmasi RSI. Ibnu Sina - Yarsi Padang. Semarang: Univesitas Diponegoro; 2006.
Kiyai AA, Rattu A, Maramis FR, Pangemanan JM. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sitti Maryam Kota Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi; 2013.
Basri SA. Analisis Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Rumah Sakit Budi Lestari Bekasi Selatan. Bekasi: Universitas Gunadarma; 2015.
Musak MI. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Apotek Rumah Sakit Pancaran Kasih GMIM Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi; 2014.
Sa'adah E, Hariyanto T, Rohman F. Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan dengan Cara Bayar Tunai. Malang: Universitas Brawijaya; 2015.
Puti WC. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam Bandung: Universitas Widyatama; 2013.
Fitriani S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.
Indonesia NR. undang-undang no.44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009.
RI M. Menteri Kesehatan Rebublik Indonesia No.129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. In: RI M, editor. Jakarta: Menkes RI; 2008.
RI M. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. In: Kesehatan, editor. Jakarta: Menkes RI; 2014.
Aditama TY. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press; 2005.
E WS. Analisa Waktu Pelayanan Resep DI Instalasi Farmasi Rawat Jalan DI RS Tugu Ibu Depok Tahun 2009. Depok: Universitas Indonesia; 2009.
D W. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan : Teori, Strategi dan Aplikasi. Surabaya: Air Langga University Press; 1999.
L W. Analisis Waktu Pelayanan Pengambilan Obat DI Apotek Kimia Farina Kola Pontianak. Depok: Universitas Indonesia; 2000.
Kotler P, Keller KL. Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga; 2009.
Griffin J. Customer Loyality Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga; 2005.
Hurriyati R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta; 2010.
EF S. Pengertian Pemanfaatan Menurut Para Ahli2003 29-12-2016 : 10.00 Wib : Apriany Ramadhan Batubara. Available from: Http://www.definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-pemanfaatan.html?m=1.
Negara MFS. Buku Ajar Organisasi Dan Manajemen Pelyanan Kesehatan Serta Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.
Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis; 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta CV; 2014.
Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta CV; 2013.
Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Muhammad I. Pemanfaatan SPSS dalam Penelitian Bidang Kesehatan dan Umum. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.
DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i1.4188
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.