Pengaruh Faktor Waktu Pelayanan Kenyamanan Dan Keistimewaan Dan Hubungan Antar Manuisa Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Aceh Singkil
Sari
Jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran. Salah satu pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS adalah Rumah Sakit (fasilitas kesehatan tingkat lanjut). Tujuan; untuk mengetahui pengaruh factor waktu pelayanan kenyamanan dan keistimewaan dan hubungan antar manusia terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil. Metode; Jenis penelitan adalah ekspalanatori research. Sampel pada penelitian ini adalah 74 pasien yang menngunakan BPJS di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil.Data dianalisis dengan melakukan uji analisis regresi linier berganda.Hasil; Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variable hubungan antar manusia terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil diperoleh nilai sig 0,008 < 0,05, terdapat pengaruh signifikan antara variable Waktu Pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil diperoleh nilai sig 0,000 <0,05.dan tidak terdapat pengaruh antara variabel kenyamanan keistimewaan terhadap kepuasanan pasien pengguna BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil dengan nilai sig 0,778. Kesimpulan; Diharapkan kepada Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Singkil agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien pengguna BPJS kususnya pelayanan di instalasi rawat inap agar menjadi lebih baik lagi.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Nomor U-URI. tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Diakses pada tanggal. 44AD;9.
Muninjaya AAG. Manajemen kesehatan. In EGC; 2004.
Wijono D. Manajemen puskesmas kebijakan dan strategi. Surabaya Duta Prima Airlangga. 2008;
BPJS. Profil BPJS Kesehatan. 2015;
BPJS. Profil BPJS Kesehatan. 2017;
Profil. Rumah Sakit Umum Gunung Meriah. 2017;
Murtiana E, Majid R, Jufri NN. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien Bpjs di RSUD Kota Kendari Tahun 2016. J Ilm Mhs Kesehat Masy. 2017;1(4).
Farianita R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta Bpjs Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk. Iii Bhakti Wira Tamtama Semarang. Universitas Negeri Semarang; 2015.
Al-Abri R, Al-Balushi A. Patient satisfaction survey as a tool towards quality improvement. Oman Med J. 2014;29(1):3.
Supranto J. Pengukuran tingkat kepuasan konsumen untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006;
Utama d. Peraturan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan nomor 2 tahun 2015 tentang norma penetapan besaran kapitasi dan pembayaran
Istiqna n. Harapan dan kenyataan pasien jkn terhadap pelayanan rawat jalan rumah sakit unhas. Media Kesehat Masy Indones. 2015;
Suryawati C. Kepuasan pasien rumah sakit (tinjauan teoritis dan penerapannya pada penelitian). J Manaj Pelayanan Kesehat. 2004;7(04).
Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: rineka cipta; 2010.
Syahputra RA, Daulay AS. KONVERSI MINYAK JELANTAH Menjadi Gliserol Sebagai Bahan Baku Pembuatan Poliuretan. 2016;
Mayasari F. Analisis Hubungan Waktu Pelayanan dan Faktor Total Quality Service Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro Tahun 2015. J Adm Rumah Sakit Indones. 2018;2(3).
Azwar A. Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1996;1496.
Nugroho AA. Pengaruh Hubungan Politik dan Reformasi Perpajakan Terhadap Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009. Skripsi Depok FEUI. 2011;
Agusta L. Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV Haragon Surabaya. Agora. 2013;1(3):1399–408.
Aji ib. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta bpjs pengguna layanan keluarga berencana di wilayah kerja puskesmas kedungbanteng kabupaten banyumas. Universitas muhammadiyah purwokerto; 2016.
DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i1.3983
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.