Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kedisiplinan Siswa SMK PAB 1 Helvetia

Arbana Syamanta

Abstract


Keluarga merupakan media pendidikan yang sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, keluarga tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam pendidikan anak, karena keluarga adalah lingkungan pertama dan utama. Dikatakan pertama karena di sinilah seseorang pertama kali memperoleh pendidikan, dan dikatakan utama karena di sini juga seseorang mendapat dasar atau bekal untuk maju ke kehidupan selanjutnya.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dikemukakan pada bab sebelumnya, diperoleh kesimpulan bahwa,Diketahui nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,036 (3,6%). Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,036 > lebih besar dari 0,05, maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel Pola Asuh dengan Kedisiplinan.Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,384 (38,4%). Artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel Pola Asuh dengan Kedisiplinan adalah sebesar 0,384 (38,4%) atau lemah.Angka koefisien korelasi pada hasil di atas bernilai positif, yaitu 0,384 (38,4%), sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah (jenis hubungan searah), dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin Pola Asuh ditingkatkan maka Kedisiplinan juga akan meningkat.


Keywords


Pola Asuh Orang Tua; Disiplin Siswa

Full Text:

PDF

References


Yunita, R., S, N., Syarifuddin, H., & Fitria, Y. (2020). Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 571–576.

Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1.

Saputra, T. A. (2020). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Bentuk Kecemasan Dan Resiliensi Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, 6(1), 55–61.

Ariyanto, Fani, 2020. Pengaruh Pola Asuh Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Angon-Angon II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiraraja.

SUNDARI, S., Rukayah, R., & Rahman, S. A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 26.

Prasetyo, G. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Merokok pada Anak Remaja Laki-laki di SMA 1 Jiwa Kabupaten Madiun. 92.

Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1.

Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Smk Teknindo Jaya Depok. Research and Development Journal of Education, 6(2), 13.

Rohayati, dewi ana. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan perilaku Moral Tidak baik Siswa SMP Negeri 14 Muaro Jambi. X, 1–90.

Anggraini, E. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Perkembangan Bahasa Anak Balita Di Paud Wilayah Kerja Puskesmas Mangkupalas Samarinda Tahun 2017 (Vol. 1, Issue 1) [Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur].

Patriamin, A. (2020). Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Orang Tua Dengan Cinderella Complex Pada Mahasiswi Universitas Islam Riau (Vol. 2, Issue 1) [Universitas Islam Riau].

Khalisah. (2023). Pengaruh Orang Tua Terhadap Karakter Disiplin Dalam Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Tanjung Selamat Aceh Besar. 8(1), 53–58.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Khalisah. (2023). Pengaruh Orang Tua Terhadap Karakter Disiplin Dalam Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Tanjung Selamat Aceh Besar. 8(1), 53–58.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i1.5696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.