Interaksi Teman Sebaya dengan Disiplin Siswa SMA Hang Tuah Belawan
Abstract
Salah satu faktor terbentuknya disiplin siswa yaitu dari pergaualan atau interaksi antara teman sebaya siswa. Menurut Yusuf ( dalam Negara & Latifah) Interaksi dengan teman sebaya akan memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar menunjukkan kemampuannya kepada teman sebayanya. Selain itu, proses interaksi teman sebaya akan memberikan kesempatan kepada seseorang untuk belajar sosialisasi dengn orang lain, melatih dalam mengontrol tingkah laku terhadap orang lain, mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimilikinya, serta saling bertukar perasaan dan masalah yang di alaminya. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Hang Tuah Belawan berdasarkan kategori penilaian dengan menggunakan skala likert dan uji korelasi Spearman’s rho SPSS versi 25 maka ditemukan hasil penelitian pada tabel berikut ini. Berdasarkan hasil output uji korelasi Spearman’s rho, diketahui nilai signifikan atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,244(24,4%) dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) 0,244 atau 24,4% lebih besar dari 0,05 (0,244 > 0,05) maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel interaksi teman sebaya dengan disiplin siswa. Sementara itu tingkat kekuatan atau keeratan antara variable X dan variabel Y dari hasil perhitungan korelasi Spearman’s rho dengan bantuan SPSS diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,219(21,9%). Artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0,219 (21,9%) atau lemah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bumi DJ, Kasturi T. Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2017.
Heryano SI, Irawan S. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Disiplin Siswa. Indones J Educ Res Rev. 2019;2(1).
Kurniawan Y, Sudrajat A. Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa MTS (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA J Ilmu-Ilmu Sos. 2017;14(2).
Maâ F, Muhsin M. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Cara Belajar dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Kesiapan Belajar. Econ Educ Anal J. 2019;8(1):318–32.
Hamzah F. Hubungan antara Pengaruh Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Belajar. SPEKTRUM J Pendidik Luar Sekol. 2020;8(3):301–8.
Mustikaningtyas KA, Wiryosutomo HW. Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah SMKN 6 Surabaya. J Bimbing dan Konseling, Fak Ilmu Pendidikan, Univ Negeri Surabaya. 2020;11(2).
Fadhilah N, Mukhlis AMA. Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa. J Pendidik. 2021;22(1):15–31.
Siroj EY, Sunarti E, Krisnatuti D. Keberfungsian Agama di Keluarga, Ancaman, Interaksi Teman Sebaya, dan Religiusitas Remaja. J Ilmu Kel Konsum. 2019;12(1):13–25.
Sri R. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar. [Skrpsi]. Universitas Negeri Padang; 2021.
Dakhi AS. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Jogjakarta: Deepublish; 2020.
Rohman F. Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah J Pendidik Bhs Dan Sastra Arab. 2018;4(1).
Sobri M, Nursaptini N, Widodo A, Sutisna D. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Kultur Sekolah. Harmon Sos J Pendidik IPS. 2019;6(1):61–71.
Fachrurrozi F, Ibrahim I. Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa dalam Belajar. J Neo Konseling. 2018;1(1):1–6.
Pratiwi SI, Kristen U, Wacana S, Salatiga K, Tengah J. Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):62–70.
Novita L, Agustina A. Bimbingan Orang Tua Dengan Disiplin Siswa. Pedago J Ilm Pendidik. 2018;2(1):1–14.
Ernata Y. Analisis Interaksi Teman Sebaya Peserta Didik Kelas V di SDN Ngaringan 05 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Jp jok (Jurnal Pendidik Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). 2018;1(2):60–79.
Utami DT. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Gener Emas J Pendidik Islam Anak Usia Dini. 2018;1(1):39–50.
Oktavia O, Jumaini J, Agrina A. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dan Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Gangguan Mental Emosional Remaja. J Ilmu Keperawatan. 2021;9(1):1–15.
Dewi N, Rusdarti R. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. J Econ Educ. 2017;6(1):29–35.
Mirnawati M. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Paras Jaya Palembang. PERNIK J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;2(1):1–14.
DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i1.5567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606