Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Melaksanakan Pembelajaran Daring

Ayu Muhriyani Nai, Ahmad Rajak, Ahmad Ridfah

Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan pada aktivitas pendidikan, sehingga berdampak pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem daring. Perubahan sistem tersebut banyak menimbulkan kendala yang dialami oleh mahasiswa, sehingga dapat memicu terjadinya stres akademik pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada Mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran daring. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 di Kota Makassar yang melaksanakan metode pembelajaran daring dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Alat ukur menggunakan skala efikasi diri dan stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei dengan menggunakan analisis teknik korelasi Spearman dengan bantuan SPSS v.24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa S1 Kota Makassar yang melaksanakan pembelajaran daring (p = 0,000, r = -0,677) artinya makin tinggi efikasi diri maka makin rendah stres akademik, begitupun sebaliknya. Penelitian ini berguna bagi mahasiswa agar terus mempertahankan dan meningkatkan efikasi diri, sehingga tuntutan akademik yang terjadi bisa diatasi untuk mengurangi terjadinya stres akademik.


Keywords


Efikasi diri; Pembelajaran Daring; Stres Akademik

Full Text:

PDF

References


Anugrahana A. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Sch J Pendidik Dan Kebud. 2020;10(3):282–9.

Wardhani TZY, Krisnani H. Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. In: Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sura: Ahmar Cendekia Indonesia; 2020. p. 48.

Ramadhona SA, Sovitriana R. Hubungan antara Hardiness dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang. Psikol Kreat Inov. 2021;1(1):56–62.

Martorejo TN. Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tantangan bagi Sektor Pendidikan. J Binus. 2020;7(1):1–15.

Azizah JN, Satwika YW. Hubungan antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi COVID 19. J Penelit Psikol. 2021;8(1):212–23.

Pramesta DK, Dewi DK. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. J Penelit Psikol. 2021;8(7):23–33.

Julika S, Setiyawati D. Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada J Psychol. 2019;5(1):50–9.

Avianti D, Setiawati OR, Lutfianawati D, Putri AM. Hubungan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. PSYCHE J Psikol. 2021;3(1):83–93.

Husnar AZ, Saniah S, Nashori F. Harapan, Tawakal, dan Stres Akademik. Psikohumaniora J Penelit Psikol. 2017;2(1):94–105.

Fitri R, Kustanti ER. Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Akademik pada Mahasiswa Rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. J Empati. 2020;7(2):491–501.

Rusdi R. Hubungan antara Efikasi Diri dan Manajemen Waktu terhadap Stres Mahasiswa Farmasi Semester IV Universitas Mulawarman. Ejournal Psikol. 2015;1(4):53–64.

Antari I, Widyaningrum R, Priyanti SM. Hubungan Efikasi Diri Akademik dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid_19. Madani Med. 2021;12(2684–7345).

Afnan A, Fauzia R, Tanau MU. Hubungan Efikasi Diri dengan Stress pada Mahasiswa yang Berada dalam Fase Quarter Life Crisis. J Kognisia. 2020;3(1):23–9.

Wulandari S, Rachmawati MA. Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Atas Program Akselerasi. Psikologika J Pemikir dan Penelit Psikol. 2014;19(2):146–55.

Utami SD. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Yogyakarta. J Ris Mhs Bimbing Dan Konseling. 2015;4(6).

Taufik T, Ifdil I, Ardi Z. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. J Konseling dan Pendidik. 2013;1(2):143–50.

Barseli M, Ifdil I, Fitria L. Stress Akademik Akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelit Guru Indones. 2020;5(2):95–9.

Rustika IM. Efikasi diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Bul Psikol. 2012;20(1–2):18–25.

Andiarna F, Kusumawati E. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J Psikol. 2020;16(2):139–49.

Rahmah MA. Hubungan antara Self-Efficasi dengan Sress Academic dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Plus An-Nur Al-Munir Dampit Tahun Pelajaran 2021/2022. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; 2022.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v5i2.5437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.