Hubungan Minat Belajar Mahasiswa dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi di Akademi Kesehatan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara

Ferawati Ferawati, Afrahul Padilah Siregar

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari kombinasi dua aspek yaitu belajar tertuju kepada apa yang harus dilakukan oleh siswa, mengajar berorientasi pada apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pemberi pelajaran.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan Minat Belajar Mahasiswa dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi di Akademi Kesehatan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Tahun 2017. Jenis penelitian ini survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi berjumlah 190 mahasiswa dan sampel sebanyak 129 mahasiswa dengan teknik stratified random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner sebanyak 20 pertanyaan dengan dua pilihan jawaban menggunakan skala Guttman  Instrumen telah divalidasi dan diuji dengan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar mayoritas berada pada kategori kurang sebanyak 74 mahasiswa (57,4%) dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi mayoritas berada pada kategori baik sebanyak 69 mahasiswa (53,5%), pengolahan data dengan menggunakan  uji chi-square pada tingkat kepercayaan 95% dengan a =0,05 diperoleh p=0,000, maka p (0,000) <a (0,05).

Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi

Full Text:

PDF

References


Awe EY, Benge K. Hubungan antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. J Educ Technol. 2017;1(4):231–8.

Setiawati SM. Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. J Help. 2018;35(1):31–46.

Susanto A. Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Sidoarjo: Kencana; 2014.

Daulae TH. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. In: Forum Paedagogik. Padang Sidempuan: Institut Agama Islam Negri; 2014.

Faadhilah A. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang. IMJ (Indonesian Midwifery Journal). 2017;1(1).

Wasti S. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. J Home Econ Tour. 2013;2(1).

Nurlia N, Hala Y, Muchtar R, Jumadi O, Taiyeb M. Hubungan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. J Pendidik Biol. 2017;6(2):321–8.

Hidayah N. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil J Pendidik dan Pembelajaran Dasar. 2015;2(1):34–49.

Junaedi I. Proses Pembelajaran yang Efektif. J Inf Syst Applied, Manag Account Res. 2019;3(2):19–25.

Tafonao T. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. J Komun Pendidik. 2018;2(2):103–14.

Sembiring RB. Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. J Teknol Pendidik. 2013;6(2):214–29.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v4i2.5044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.