Hubungan Motivasi Ekstrinsik dalam Pembelajaran Laboratorium Askeb II dengan Hasil Praktek Asuhan Persalinan Normal Mahasiswa Semester III di Akademi Kebidanan Helvetia Medan

Devi Yusriana

Abstract


Latar Belakang: Belajar merupakan suatu proses yang berlangsung sepanjang hayat. Hampir semua kecakapan, keterampilan, pengetahuan, kebiasaan, kegemaran dan sikap manusia terbentuk, dimodifikasi dan berkembang karena belajar. Tujuan: dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran laboratorium dengan hasil praktek APN di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2015. Metode: Penelitian menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini populasi targetnya adalah mahasiswa AKBID Helvetia semester III. Jumlah sampel sebanyak 138 responden diambil menggunakan rumus slovin. Teknik analisa yang dilakukan yaitu Chi Square (α=0,05). Hasil: uji statistik uji chi-square nilai signifikan probabilitas motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar 0,001 <0,05. Ha diterima Ho ditolak ada hubungan motivasi ekstsrinsik dalam pembelajaran laboratorium dengan hasil praktek APN mahasiswa Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2015. Kesimpulan: Diharapkan untuk dosen khususnya untuk meningkatkan kualitas dosen berupa kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap dan keterampilan  yang dimiliki dalam memberikan pengajaran sehingga mahasiswa dapat menerapkan pembelajaran yang ada serta memperoleh hasil yang baik.


Keywords


Motivasi Ekstrinsik, Pembelajaran Laboratorium, Hasil Praktek

Full Text:

PDF

References


Amperiana S. Pengaruh motivasi, prestasi dan konsep diri Terhadap kesiapan praktek klinik Kebidanan bagi Mahasiswa tingkat ii Akademi kebidanan pamenang Pare Kabupaten Kediri. UNS (Sebelas Maret University); 2010.

Gustiani H. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ii Mahasiswa Semester Iii (Universitas Respati Yogyakarta). UNS (Sebelas Maret University); 2012.

Purwati D. Hubungan Motivasi Dan Lingkungan Sosial dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa Akademik Kebidanan di Universitas Islam Majapahit Mojokerto. UNS (Sebelas Maret University); 2014.

Putri HH, Utami R. Hubungan Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik dengan Hasil Belajar (Indeks Prestasi) Mahasiswa Tingkat II Akademi Kebidanan Anugerah Bintan Tanjungpinang Tahun 2017. Zo Kebidanan Progr Stud Kebidanan Univ Batam. 2021;8(2).

Tambunan H. Motivation For Students In Relation Extrinsic Laboratory Practice With Learning Ability In Farm Labor In Normal In D III Midwifery Almuslim Bireuen. J Kesehat Almuslim. 2017;3(5):18–23.

Wahyuningsih S, Susiarno H, Setiawan S, Husin F, Abdulhak I, Wirakusumah FF. Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala I dan II Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien pada Praktik Klinik Kebidanan. J Pendidik dan Pelayanan Kebidanan Indones. 2015;2(4):9–16.

Pangaribuan R, Pratama MY. Metode Pembelajaran Simulasi dan Demontrasi di Laboratorium Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Keperawatan Kegawatdaruratan di Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan Medan. J Ris Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan. 2016;1(2):128–32.

Anwar M. Menjadi Guru Profesional. Prenada Media; 2018.

Nuraini NLS, Laksono WC. Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekol Dasar Kaji Teor dan Prakt Pendidik. 2019;28(2):115–24.

Nugraheni F. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Umk). Sos Budaya. 2009;

Amalia RR. Pengaruh Sikap Guru dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI KH. Hasyim Asy’ari Kota Malang Jawa Timur. University of Muhammadiyah Malang; 2019.

Hamdu G, Agustina L. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. J Penelit Pendidik. 2011;12(1):90–6.

Prihartanta W. Teori-teori motivasi. J Adab. 2015;1(83):1–14.

Dayana I, Marbun J. Motivasi kehidupan. Guepedia; 2018.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v3i1.5020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.