Penyuluhan Fisioterapi dan Pemberian Latihan Fisik pada Kasus Low Back Pain (LBP) Usia 40-60 Tahun di Desa Karang Anyer

Sulaiman Sulaiman, Fendi Sukur Damai Batee, Ismail Halim Gurusinga, Felix Arif Septian Sihite, Haeqal Dwi Aqila

Abstract


Low Back Pain (LBP) merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami masyarakat, termasuk di Desa Karang Anyer, Kabupaten Simalungun. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Oleh karena itu, diperlukan upaya penyuluhan dan pemberian latihan fisik untuk mengurangi keluhan tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai LBP serta cara pencegahan dan penanganannya melalui fisioterapi dan latihan fisik dengan sasaran pada masyarakat yang mengalami gangguan fisik usia 40-60 tahun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan interaktif dan pelatihan fisik secara langsung. Penyuluhan diberikan oleh tim fisioterapis yang berpengalaman, meliputi penjelasan tentang penyebab LBP, teknik pencegahan, serta pentingnya menjaga postur tubuh yang baik. Selain itu, dilakukan demonstrasi dan praktik latihan fisik yang sederhana namun efektif meningkatkan pengetahuan masyarakat sebesar 77,5% sebelumnya hanya 5%. Latihan fisik ini dirancang untuk dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta di rumah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa partisipan mengalami peningkatan pemahaman mengenai LBP dan cara penanganannya. Partisipan juga melaporkan adanya penurunan keluhan nyeri setelah rutin melakukan latihan fisik sebesar 87,5% sebelumnya hanya 25%. Kegiatan penyuluhan dan pemberian latihan fisik ini diharapkan dapat menjadi model pengabdian yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengatasi masalah LBP. Dengan demikian, penyuluhan fisioterapi dan pemberian latihan fisik terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan mengurangi keluhan LBP pada masyarakat Desa Karang Anyer.


Keywords


Fisioterapi; Latihan Fisik; Low Back Pain

Full Text:

PDF

References


Hutasuhut RO, Lintong F, Rumampuk JF. Hubungan Lama Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah. Ebiomedik. 2021;9(2).

Pristianto A, Savitri A, Herawati I, Rahman F. Efektivitas Water-Based Exercise pada Pasien dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah: A Literature Review. Indones J Physiother Res Educ. 2022;3(2).

Agustin AA. Edukasi Masyarakat Sebagai Upaya Pencegahan Keluhan Low Back Pain (LBP) di Puskesmas Balung. J Community Dev. 2022;3(2):106–12.

Nurrizky M, Saptawati T, Aldila S. Inovasi Latihan Fisik dalam Mengurangi Nyeri Punggung Bawah di Kelurahan Krobokan. Gemassika J Pengabdi Kpd Masy. 2023;7(2):124–32.

Mukhtiana M, Anggriani A. Pengaruh Pemberian Short Wave Diathermy (SWD) dan MC. Kenzie Terhadap Pengurangan Nyeri Punggung Bawah Miogenik di RSUD Dr. Zubir Mahmud. Heal Sci Rehabil J. 2021;1(1):1–6.

Ismaningsih I, Saputra A, Nurmaliza N. Efektivitas Pendekatan Fisioterapi dalam Mengelola Nyeri Punggung Bawah dengan Intervensi Elektroterapi dan Exercise Dalam Mengurangi Nyeri. J Kesehat dan Fisioter. 2023;51–8.

Sulaiman S, Erwansyah R, Maryaningsih M, Anggriani A, Vera Y. Sosialisasi dan Penanganan Fisioterapi pada Lansia di Puskesmas Kutalimbaru. J Pengabdi Masy Ilmu Kesehat. 2023;4(1):5–9.

Hasmar W, Faridah F, Hadi P. Perbedaan Pengaruh Core Stability Exercise dan William Flexion Exercise Terhadap Low Back Pain Myogenik: Differences In The Effect Of Core Stability Exercise And William Flexion Exercise on Myogenic Low Back Pain. Qual J Kesehat. 2023;17(1):64–71.

Gerhanawati I. Studi Kasus: Program Fisioterapi pada Low Back Pain Myogenik. J Keperawatan Muhammadiyah. 2021;6(3).

Rachmadany D. Pengaruh Latihan Mckenzie Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Lumbal pada Nyeri Punggung Bawah. Universitas Airlangga; 2020.

Efendi A, Halimah N. Kombinasi Ultrasound dan Mc Kenzie Exercise Meningkatkan Fleksibilitas Lumbal pada Pasien Nyeri Punggung Bawah Miogenik. Kieraha Med J. 2023;5(1):35–40.

Anulus A, Pebruanto H, Andriana A, Rahadianti D, Setiarini R. Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Nyeri Punggung (Low Back Pain) pada Pedangan Satai Bulayak di Daerah Wisata Suranadi. J Pengabdi Komunitas. 2023;2(2):6–11.

Kementerian Kesehatan RI. Standar Pelayanan Fisioterapi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.

Sulaiman, Anggriani. PKM Pemanfaatan Posyandu Lansia di Desa Sukaraya Kecamatan Pancurbatu Tahun 2017. Amaliah J Pengabdi Kpd Masy. 2018;2(1):161–4.

Simanjuntak EYB, Silitonga E, Aryani N. Latihan Fisik dalam Upaya Pencegahan Low Back Pain (LBP). J Abdidas. 2020;1(3):119–24.




DOI: https://doi.org/10.33085/jpmik.v5i2.6164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Dian Zuiatna
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6285276779848. Tel: (061) 42084606
email: pemasilkes@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.