Hubungan Respon Time Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia

Agus Surya Bakti, Ani Rahmadhani Kaban, Afina Muharani Syaftriani

Abstract


Respon time merupakan waktu tanggap yang dilakukan perawat saat pasien tiba sampai mendapat tanggapan atau respon dari petugas instalasi gawat darurat dengan waktu pelayanan. Respon time merupakan salah satu indikator dari mutu pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Respon Time Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan Tahun 2023. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei Analitik dengan pendekatan crossectional, menggunakan uji chi-square. Populasi penelitian sebanyak 2.007 responden, Sampel penelitian sebanyak 74 responden. Pengambilan sampel Purposive Sampling. Dengan rumus slovin. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan uji chi-square memperlihatkan bahwa nilai signifikan hubungan respon  time dengan tingkat kepuasan pasien adalah p-value = 0,00 lebih kecil (< ) α = 0,05, hal ini membuktikan bahwa ada Hubungan yang signifikan antara Respon Time Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia Medan Tahun 2023. Kesimpulan Bahwa ada Hubungan Respon Time Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan Tahun 2023.


Keywords


Respon Time, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Damanik joyce stephanie. Literature Review : Hubungan Respon Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien. 2021.

Sinurat S, Perangin-angin IH, Sepuh JCL. Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Instalasi Gawat Darurat. J Penelit Keperawatan. 2019;5(1).

Pelayanan T, Instalasi DI, Darurat G. Al-Asalmiya Nursing. 2022;11:17–28.

Time R. Jurnal Wacana Kesehatan HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN PELAYANAN GAWAT DARURAT DI THE RELATIONSHIP OF RESPONSE TIME TO SERVICES IN THE EMERGENCY INSTALLATION DEMANG SEPULAU RAYA HOSPITAL CENTRAL LAMPUNG 2021 Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadi. 2021;6:69–79.

Fathia NA, Kurdaningsih SV. Karakteristik Perawat Terhadap Waktu Tanggap Dalam Penanganan Kegawatan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. J ’Aisyiyah Med. 2022;7(2).

Maratur Silitomgo J, Anugrahwati R. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Respon Time Perawat Pada Pasien Suspek Covid-19 di IGD Rumah Sakit Hermina Jatinegara. J Ilm Keperawatan Altruistik [Internet]. 2021;4(1):20–6. Available from: FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RESPONE TIME PERAWAT PADA PASIEN DENGAN SUSPEK COVID 19 DI IGD RUMAH SAKIT HERMINA JATINEGARA

Of O, Respon THE, Of T, In N, Patients H, The IN, et al. OVERVIEW OF THE RESPON TIME OF NURSES IN HANDLING PATIENTS IN THE. 2(2):53–9.

St Nashrah Azia D, Atikah S, Ilhamjaya AM. Gambaran Response Time Dan Karakteristik Petugas Igd Rsu Anutapura Palu Tahun 2019. Med Alkhairaat J Penelit Kedokt dan Kesehat. 2020;2(3):100–8.

Hartati S. RESPONSE TIME PERAWAT DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RESPONSE TIME NURSE ’ IN EMERGENCY GENERAL INSTALLATION. :1–7.

Kaban AR, Lubis AN, Arruum D. The Effect of Leader Member Exchange and Organizational Citizenship Behavior on Nurse Job Satisfaction at University of Sumatera Utara Hospital. IOSR J Nurs Heal Sci. 2019;8(5):33–40.

Soleh K. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tanggap (Respon Time) Perawat Pada Pasien Cedera Kepala. 2022.

Isrofah, Indriono A, Setiyarso T. Hubungan Response Time Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat ( Igd ) Rsud Batang. RISTEK J Riset, Inov dan Teknol Kabupaten Batang. 2020;4(2):19–29.

Mampuk V, Karame V. Hubungan Respon Time Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Dengan Kepuasaan Pelanggan Di Igd Rsu Pancaran Kasih Manado. J Community &Emergency [Internet]. 2019;7:278–88. Available from: http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/225%0Ahttps://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/download/225/216

Simandalahi T, Morika HD, Sartiwi W, Sari Dewi RI. Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. J Kesehat Mesencephalon. 2019;5(2).

Respon H, Perawat T, Tingkat D, Rs UGD, Iii TK. PENANGANAN PASIEN KATEGORI TRIASE KUNING DI Zainar Kasim Jurnal Kesehatan : Amanah Prodi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Manado. 2(8):37–41.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v5i2.6226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.