Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Medika Medan
Abstract
Komunikasi terapeutik adalah pendekatan secara psikologis yang dilakukan atau dirancang untuk tujuan terapi. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Mitra Medika Medan Tahun 2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap yang berjumlah 88 responden. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan mengacu pada rumus slovin. Uji yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Berdasarkan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat diruang rawat inap di RSU Mitra Medika Medan sebagian besar adalah baik sebanyak 48 orang (54,5%). Sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan di ruang rawat inap RSU Mitra Medika Medan sebanyak 48 orang (54,5%). Hasil uji Chi square diperoleh nilai p = (0,000) < 0,05. Kesimpulan: Dalam penelitian ini menunjukkan secara statistik bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Mitra Medika Medan
Keywords
References
Sembiring IM, Munthe NBG. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. J Keperawatan Dan Fisioter. 2019;1(2):54–61.
Siti M, Zulpahiyana Z, Indrayana S. Komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan kepuasan pasien. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indones J Nurs Midwifery). 2016;4(1):30–4.
Hidayatullah MS. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. J Keperawatan Prof. 2020;8(1):62–73.
Dora MS, Ayuni DQ, Asmalinda Y. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. J Kesehat. 2019;10(2).
Nugroho HA, Aryati S. Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit lslam Kendal. FIKkeS. 2009;2(2):22–32.
Vita NI. Komunikasi Terapeutik Dialogis. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA; 2021.
Handayani R, Ramadini I, Fadriyanti Y. Konsep Dasar Komunikasi Terapeutik, Manajemen Stres Kerja, dan Caring dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit NEM; 2023.
Nursalam A, Febriani N. Pengetahuan Komunikasi Terapeutik dalam Meningkatkan Perilaku Caring Perawat. Jakarta: Pradina Pustaka; 2023.
Khusni L. Implementasi Komunikasi Terapeutik Terhadap Pasien Rawat Inap di RSUD Banyumas. Purwokerto: UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto; 2023.
Sari LT, Noviasari I, Wibisono W. Peningkatan Perilaku Ibu dalam Penanganan Stunting dengan Metode Komunikasi Terapeutik. Indones J Prof Nurs. 2023;4(1):45–51.
Mongi TO. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang. J Ilm Kesehat Diagnosis. 2020;15(3):263–9.
Djala FL. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. J Islam Med. 2021;5(1):41–7.
Simamora R. Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC; 2013.
Akbar AP, Sidin I, Pasinringi SA. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat di Instalasi Rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar tahun 2013. J Univ Hasanudin. 2013;1–11.
Nurhayati C, Martyastuti NE, Suryani L, Ifadah E, Makmuriana L, Rahayuningsih SI, et al. Buku Komunikasi Terapeutik Keperawatan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2023.
DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v5i1.6019
Refbacks
- There are currently no refbacks.