Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Sensorik dan Motorik Anak Prasekolah di Paud X Medan

Ani Rahmadhani Kaban

Abstract


Perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat di capai melalui tumbuh kembang kematangan dan belajar. Paud yang efektif sangat bermanfaat untuk membangun struktur perkembangan sensorik dan motorik anak dengan berbagai macam permaianan edukatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah di Paud X Medan. Desain penelitian menggunakan desain ekspriment semu, populasi penelitian ini seluruh anak di Paud Bahagia Medan sebanyak 42 orang, sampel penelitian adalah balita yang berumur 3-5 tahun, teknik pengambilan sample dengan tekhnik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 15 orang. Intrument yang digunakan lembar observasi, Penyajian  data dilakukan dengan univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signet Ranks Test. Hasil penelitian perngaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak di dapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.03 artinya p-value < 0.05, maka dapat dikatakan ada pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah di Paud Medan.

Keywords


Permainan Edukatif, perkembangan sensorik dan motorik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat AAA. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika; 2005.

Narendra MB, Sularyo TS, Soetjiningsih HS, Ranuh I, Wiradisuria S. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Sagung Seto. Pekan Baru: Nursing Jurnal; 2002.

Jahja Y. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana; 2011.

Hurlock EB. Perkembangan Anak Edisi Keenam. Terjemahan oleh Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga. Erlangga; 1978.

Hartawan INB, Windiani IGAT, Soetjiningsih S. Karakteristik Tumbuh Kembang Anak di Tempat Penitipan Anak Werdhi Kumara 1, Kodya Denpasar. Vol. 10. Jakarta: Sari Pediatri; 2016. 134-138 p.

Tedjawati JM. Pengembangan Program Pendidikan anak usia dini (PAUD): Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dalam Pos PAUD. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(4):351–60.

Munandar U. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta; 2004.

Naimah K. Pendidikan Agama Islam Sebagai Basic Education Anak Usia Dini. EL WAHDAH. 2020;1(1):89–100.




DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v2i2.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.