Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Psikologis terhadap Pemanfaatan Jasa Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

Aliya Zahro Fuadah

Abstract


Jumlah rumah sakit yang meningkat menjadikan masyarakat memiliki banyak pilihan saat memutuskan rumah sakit mana yang akan dipilihnya.  Sehingga rumah sakit perlu mewujudkan suatu manajemen yang efektif. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagai pasien di Instalasi Rawat Jalan pada bulan Agustus 2021 dengan sampel sebesar 97 responden dan pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Analisis yang digunakan yaitu Uji Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar penilaian responden terhadap faktor sosial dari 3 kategori menunjukkan sangat baik (42,3%) sedangkan sebagian besar penilaian responden terhadap faktor psikologis dari 3 kategori menunjukkan sangat baik (46,4%). Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara faktor sosial terhadap pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan yang dinyatakan dalam nilai signifikansi 0,016 dan ada pengaruh yang signifikan antara faktor psikologis terhadap pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan yang dinyatakan dalam nilai signifikansi 0,037. Simpulan penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara faktor sosial dan faktor psikologis terhadap pemanfaatan jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan memahami faktor sosial dan faktor psikologis untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Keywords


Faktor Sosial, Faktor Psikologis, Jasa Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2019.

Nisa I, Mudayana A. Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas Ahmad Dahlan; 2019.

Utami LW, Purwaningsih, Ni’mah L. Faktor yang Mempengaruhi Penilaian terhadap Penurunan Tingkat Kunjungan Pasien di Instalasi Rawat Jalan. Fundam Manag Nurs. 2019;II(II):69–74.

Aisyiah IK, Lita RP, Burhan IR. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Proses Keputusan Pasien Naik Kelas Rawat Inap di RSU BUNDA BMC Padang. Ilm Manaj. 2019;VII(4):407–19.

Wahyuni T, Zuhritah A. Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk. AGRISCIENCE. 2020;I(I):232–43.

Manurung HP, Sahla H. Pengaruh Faktor Budaya dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cream Merek Ekonomi di Kabupaten Asahan. Ekon Manaj. 2020;VI(2):102–7.

Pangestu RH, Supriono. Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribasi Pasien terhadap Keputusan Pembelian. Adm Bisnis. 2017;XLIX(2):112–9.

Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2007.

Kana T. Pengaruh Kelompok Referensi, Keluarga dan Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Ilmu Ekon Sos. 2014;534–543(V):2.

Gunawan F. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. [Skripsi]. Indonesia Banking School; 2017.

Salim M, Praningrum. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial dan Psikologis terhadap Keputusan Penggunaan Rumah Sakit Rafflesia di Kota Bengkulu. [Tesis]. Universitas Bengkulu; 2016.

Aminudin M, Susanto. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pasien Memanfaatkan Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nanggulan. Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit2. 2013;II(2):1–15.

Nurlinda F, Supriyanto S. Faktor Karakteristik Individu, Psikologi dan Sosial terhadap Pemilihan Tempat Persalinan di Fasilitas Kesehatan. Adm Kesehat Indones. 2014;II(4):255–62.

Fauzie D, Yulianto E. Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Adm Bisnis. 2016;XL(1):1–7.

Kaunang M, Sepang J, Rotinsulu J. Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi, Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk. Ilm Efisiensi. 2015;XV(5):585–97.

Ikram B, Kadir AR, Saleh A. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kualitas Pelayanan: Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene. [Makassar]: [Skripsi]. Universitas Hasanuddin; 2013.

Notoatmodjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Hakim FR, Nuryadi, Sandra C. Hubungan Bauran Pemasaran dan Faktor Psikologis dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien dalam Pemanfaatan Rawat Jalan. Pustaka Kesehat. 2015;III(3):484–91.

Karman, Sakka A, Saputra. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Ilm Mhs Kesehat Masy. 2016;I(3):1–11.

Azwar. Pengantar Administrasi Kesehatan. 2nd ed. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2006.

Trimurthy. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. [Semarang]: [Tesis]. Universitas Diponegoro; 2008.

Budiati, Arisandi, Wiranti. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Minat Pemanfaatan Pelayanan Persalinan oleh Ibu Antenatal Care di Rumah Sakit Bersalin Asih. MANUJU. 2020;II(2):417–26.

Setiadi N. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v5i1.5013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.