Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumkital Dr. Komang Makes Belawan
Abstract
Kementrian Kesehatan RI tahun 2012 menyatakan bahwa dalam melakukan pemberian pelayanan kesehatan medis harus yang berkualitas tinggi, salah satunya pelayanan yang ada rumah sakit. Rumah sakit harus dapat menunjang kenyamanan pasien dengan fasilitas perawatan dan pemberian asuhan perawatan yang efisien dalam menunjang klasifikasi pasien. Rumkital Komang Makes sebagai Rumkit tingkat III dengan tipe C masih memiliki mutu pelayanan yang kurang memadai. Berdasarkan data dari rumah sakit, jumlah kunjungan pasien yang datang sedikit yaitu pertiga bulan sebanyak 299 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumkital Dr. Komang Makes Belawan Tahun 2019. Desain penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 85 pasien dan pengambilan sampel dengan teknik total population. Diperoleh hasil bahwa kehandalan (p=0,002), bukti fisik (p=0,003), kepedulian (p=0,001) berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumkital Dr. Komang Makes Belawan dengan nilai ɑ = 0,05, sedangkan variabel jaminan (p 0,135) dan ketanggagan (p 0,17) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan mutu pelayanan kesehatan, hal tersebut dilihat dari nilai p> 0,05. Diperoleh kesimpulan dari lima variabel yang diteliti, ada tiga variabel yaitu kehandalan, bukti fisik dan kepedulian yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan. Saran dari penelitian ini adalah tenaga kesehatan dan pihak rumah sakit harus lebih memperhatikan lagi kelengkapan fasilitas ruangan dan kebersihan alat-alat kesehatan juga kebersihan lingkungan rumah sakit dan memberikan pelayanan yang ramah untuk kenyamanan pasien ketuka pemeriksaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hartono B. Manajemen Pemasaran Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta; 2015.
Pangerapan DT, Palandeng OELI, Rattu AJM. Hubungan antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. J Kedokt Klin. 2018;2(1):9–18.
Azhar A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Sinar Harapan; 2017.
Sower VE, Fair FK. There is More to Quality than Continuous Improvement: Listening to Plato. Qual Manag J. 2005;12(1):8–20.
Pantanowitz L, Horowitz GL, Upalakalin JN, Beckwith BA. Artifactual Hyperbilirubinemia Due to Paraprotein Interference. J Arch Pathol Lab Med. 2003;127(1):55–9.
Azwar. Pengantar Administrasi Kesehatan. ketiga. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2009.
Efendi F. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktek dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta Pusat: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2012.
Muninjaya G. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2012.
Herlambang s. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publising; 2016.
Triwahyuni C. Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSU. Bunda Thamrin Medan Tahun 2012. J Kebijakan, Promosi Kesehat dan Biostatiskik. 2012;1(2).
Lahdji A, Setiawan MR, Purnamasari WI. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015. J Kedokt Muhammadiyah Univ Muhammadiyah Semarang. 2016;5(2):1–7.
Basri AH, Leoganda DF. Hubungan Fasilitas Ruang Rawat Inap dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS (The Relationship Between In Ward Facilities With The Level Of BPJS Patient Satisfaction). Journals Ners Community. 2016;7(1):47–54.
Notoatmodjo S. Metedologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Bustami. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga; 2011.
Sutopo E, Sudarwati S, Istiqomah I. Pengaruh Manajemen Mutu dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kabupaten Karanganyar. J Ilm Edunomika. 2019;3(01).
Zul A. Pelayanan Kesehatan pada Poli KIA RSUD Kota Sabang Tahun 2012. [Skripsi]. StiKes Ubudiyah Banda Aceh; 2012.
Irsanty. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kalipare Kabupaten Malang. [Skripsi]. University of Muhammadiyah Malang; 2017.
Amna Z. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan pada Poli KIA RSUD Kota Sabang Tahun 2012. Electron J StiKes Ubudiyah. 2012;3(1).
Pohan. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2007.
DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v2i3.4463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606