Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tentara Binjai
Abstract
Pendahuluan: Pelayanan kefarmasian rumah sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan yang ada dirumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat, maupun pelayanan farmasi klinik. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Tentara Binjai. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan BPJS yang berobat di Rumah Sakit Tentara Binjai. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi ketanggapan dan jaminan memiliki skor yang sama yaitu sebanyak 83,60% dengan kategori puas, dimensi empati 83,52%dengan kategori puas, dimensi kehandalan 80,68% dengan kategori puas, dan dimensi bukti fisik 76,60%dengan kategori puas. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini yang berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan persentase sebanyak 81,60% dengan kategori puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rizkiya, A. Pengukuran Mutu Pelayanan Farmasi di Unit Rawat Jalan. Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sleman. Tesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana Fakultas Universitas Gadjah. 2011.
Ginting, O.S., dan Pasaribu, K. Profil Penggunaan Obat Antihipertensi Pada Periode September 2019 Sampai Dengan September 2020 Di RSUD Kota Pinang. Forte Journal, Vol 1, No. 2, 2021. 64-68.
Ginting, O.S., dan Irawati, T. Profil Penggunaan Antibiotik Untuk Terapi Infeksi Saluran Pernapasan Atas Di Puskesmas Sinepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Forte Journal, Vol 1, No. 2, 2021. 51-56.
Peraturan Mentri Kesehatan No. No. 72. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. 2016.
Ginting, O.S., dan Taroreh, N. Profil Peresepan Obat Antihipertensi Periode Januari Sampai Dengan Desember 2019 Di Puskesmas Tangkahan Durian. Forte Journal, Vol 1, No. 2, 2021. 33-38.
Ramkita. Buku pedoman penulisan resep. Palembang: RS Kusta dr. Rivai Abdullah Palembang. 2018.
Ginting, O.S., Athaillah., Rambe, R., dan Nisa, F. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Generik Berlogo (OGB) Di PT. Phapros Tbk Medan Wilayah Kerja Medan Timur. Forte Journal, Vol 1, No. 1, 2021. 45-56.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks. 2007.
Mayefis, Delladari. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang. Fakultas Farmasi Universitas Andalas: Padang, Sumatera Barat. 2015
Aspuah, Siti. Kumpulan Kuesioner dan Instrumen Penelitian Kesehatan. Jakarta : Medical Book. 2013.
Ginting, O.S., dan Affandi, A.A. Analisis Pengaruh Citra Produk, Harga Jual Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian VCO Di Apotek Matahari. Forte Journal, Vol 2, No. 1, 2022. 83-88.
Yan, Y., Asiah, M., dan Ginting, OS. Monitoring Dan Evaluasi Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik (CDAKB) Pada Pedagang Alat Kesehatan PT. X Di Kota Batam. Forte Journal 2 (2), 2022. 197-204.
Fitria, N., Sriati, A., Hernawaty, T. Laporan Pendahuluan Tentang Masalah Psikososial. Jakarta: Salemba Medika. 2013.
Priyoto. Teori Sikap Dan Prilaku Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. 2017.
Hidayana, V dan Susilawati, M. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Pelengkap Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka Solok, Scientia: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan 6 (1). 2016. 59-65.
Sharfina, D., Yunita, S., Sakti, YM., Harahap, SI., Harahap, RH dan Ginting, OS. Edukasi Read Aloud pada Guru dan Orangtua Siswa dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1), 2024. 159-163.
Auliya, NP., Kristina, SA., dan Ginting, OS. Estimasi Biaya Obat Sistem Saluran Nafas Yang Tidak Digunakan Pada Program Pengembalian Obat Di Yogyakarta. Forte Journal 4 (1), 2024. 246-250.
DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v8i3.6152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606