Pengaruh Edukasi PHBS dengan Media Video Pembelajaran terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencegah Penyakit Diare pada Anak Sekolah Dasar

Bernadetha Dihardjo, Arif Setyawan, Eduardo Varela Tilman

Abstract


Pendahuluan: Diare merupakan buang air besar dengan konsistensi cair (mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam satu hari (24 jam) dan bisa juga apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat maka seseorang tersebut akan kehilangan cairan dan elektrolit. Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya diare dengan cara mengubah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta kebiasaan memasak dengan menggunakan air bersih. Tujuan: Penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh edukasi PHBS dengan media video pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap untuk mencegah penyakit diare pada anak sekolah dasar. Metode: Penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah desain pre experiment pada penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 54 responden. Taraf signifikansi < 0,05, maka H1 di terima. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil analisis didapatkan nilai signifikansi pada variabel pengetahuan sebesar 0,022 dan variabel sikap didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,037. Dari kedua variabel pengetahuan dan sikap memiliki nilai lebih kecil dari taraf signifikansi <0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi PHBS dengan media video pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap untuk mencegah penyakit diare pada anak sekolah dasar.


Keywords


PHBS, Pengetahuan dan Sikap, Pembelajaran Video

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, Ahmad Fatah MZ. Analisis Ekologi Faktor yang Mempengaruhi Diare pada Balita. J Ilm Permas. 2022;12(3).

Sutrisni dkk. Hubungan antara Cuci Tangan Pakai Sabun dan Status Gizi dengan Kejadian Diare pada Anak Pra Sekolah. J Bidan Pint. 2023;3(2).

Cahyani, Ayu Nindi Utami, Agnita Yovinna Tobing V. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Kejadian Diare pada Anak Usia Sekolah. J Keperawatan Hang Tuah. 2022;2(3).

Mildawati, Ratna Andera, Neta Ayu Rasyida ZM. Edukasi Pencegahan Diare Pembuatan Oralit dan Mencuci Tangan yang Benar pada Orang Tua Anak Usia Pra Sekolah. J Lentera. 2023;3(1).

Rosyida H. Manajemen Diare di Tatanan Rumah Tangga dalam Meningkatkan Keterampilan Penanganan Diare pada Anak. In: Perkembangan Pelayanan Kesehatan dengan Pemanfaatan Kearifan Lokal. Surabaya: Seminar Nasional Kesehatan Universitas PGRI; 2022.

David Siahaan D. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku tentang Higiene dengan Kejadian Diare Akut. Kedokt Methodis. 2021;15(1).

Haryani, Zurriyatun Thoyibah ZH. Edukasi Keluarga tentang Oralit dalam Perawatan Diare pada Anak. Community Heal J. 2021;2(2).

Fikry Iqbal, Ahmad Setyawati, Tri Towidjojo, Vera Diana Agni F. Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Kejadian Diare pada Anak Sekolah. J Med Prof. 2022;4(3).

Dias, Khristina Susanti, Dwi Lutfiyati A. Edukasi Kebiasaan Cuci Tangan pada Anak Pra Sekolah sebagai Upaya Menurunkan Kejadian Diare di TK ABBA. J Philantropy. 2023;1(1).

Adziim dkk. Promosi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak SDN Inpres 190 Burane Desa Boddi Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. J Pengabdi Masy. 2022;1(2).

Kusumawardani, Lita Heni Saputri AA. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Sehat pada Anak Usia Sekolah. J Ilm Ilmu Keperawatan Indones. 2020;10(2).

Valen & Satria TG. Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. J Basicedu. 2021;5(4).

Cahyani AM. Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat melalui Media Sosial. J Ilmu Komun. 2020;10(1).

Nurmaningsih. Pengaruh Edukasi PHBS tentang Mencuci Tangan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan pada Anak Usia Sekolah di Perumahan Lingkar Permai Tanjung Karang. J Ilm Kesehat Med. 2022;32(2).

Husni, Elidahanum Ramadany S. Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar 05 Nagari Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Bul Ilm Nagari Membangun. 2019;2(4).

Parasyanti dkk. Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. J Akad Baiturrahim Jambi. 2020;9(1).

Natsir MF. Pengaruh Penyuluhan CTPS terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. J Kesehat Lingkung. 2018;1(2).

Tsinallah dkk. Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini terhadap Perilaku Cuci Tangan dengan Penerapan Media Modern. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Universitas Muhammadiyah; 2022.

Harsismanto J, Oktavidiati, Eva Astuti D. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. J Kesmas Asclepius. 2019;1(1).

Rosita, Ade Dahrizal, Dahrizal Lestari W. Metode Emo Demo Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah. J Keperawatan Raflesia. 2021;3(2).

Herwanti dkk. Pengaruh Edukasi Metode Bernyanyi dan Video Animasi Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Kemampuan Mencuci Tangan dengan Benar pada Siswa-Siswi Taman Kanak -Kanak. Holistik J Kesehat. 2022;15(4).

Wilandika dkk. Video Edukasi tentang Cuci Tangan pada Siswa Sekolah Dasar dan Dampak terhadap Pengetahuan. J Keperawatan ’Aisyiyah. 2023;10(1).

Nikolova G. Development of Colour Perception and Colour Combination Skills of Preschool Children Through Studying Artworks of Impressionist Artists. J Doc. 2021;93(3).

Listiadesti, Ayi Utari Noer, Salman M, Maifita Y. Efektivitas Media Vidio terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Sekolah. J Menara Med. 2020;3(1).




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v7i2.6115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id