Hubungan Pengetahuan dan Pekerjaan Ibu dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Toddler di Desa Alue Kuyun Kabupaten Nagan Raya

Anita Tiara, Zakiyah Zakiyah

Abstract


Perkembangan merupakan indikator penilaian kualitas anak sehingga hambatan perkembangan pada anak mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Ibu yang tidak mengetahui tahap perkembangan anak toddler tidak dapat melakukan stimulasi sesuai usia anak sehingga menyebabkan keterlambatan perkembangan anak. Ibu yang bekerja juga berdampak pada perkembangan anak, baik yang berdampak positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan pekerjaan ibu dengan tingkat perkembangan anak usia Toddler di Desa Alue Kuyun Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia toddler sebanyak 73 orang dengan menggunakan metode total sampling. Metode Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu (p = 0,006), pekerjaan ibu (p = 0,001) berhubungan dengan tingkat perkembangan anak usia toddler di Desa Alue Kuyun. Diperoleh kesimpulan ada hubungan pengetahuan dan pekerjaan ibu dengan tingkat perkembangan anak usia toddler. Diharapkan kader posyandu dan puskesmas bekerjasama dalam meningkatkan pengetahuan ibu dengan penyuluhan kesehatan di desa Alue Kuyun tentang tumbuh kembang anak


Keywords


Pengetahuan, Pekerjaan perkembangan, anak toddler

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2016.

Kementerian Kesehatan R.I. Pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Medise BE. Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak. IDAI. 2013;

Dhamayanti M. Kuesioner Praskrining Perkembangan (KPSP) Anak. Sari Pediatr. 2016;8(1):9.

Artha NM, Sutomo R, Gamayanti IL. Kesepakatan Hasil antara Kuesioner Pra Skrining Perkembangan, Parent’s Evaluation of Developmental Status, dan Tes Denver-II untuk Skrining Perkembangan Anak Balita. Sari Pediatr. 2016;16(4):266.

Potter PA, Perry AG. Fundamental of Nursing. Jakarta: EGC; 2010.

Fristi W, Indriati G, Erwin. Perbandingan Tumbuh Kembang Anak Toddler yang Diasuh Orang Tua dengan Diasuh Selain Orang Tua. Vol. 1, Journal Online Mahasiswa. 2014.

Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 29 tentang Penanggulangan Masalah Gizi Bagi Anak Akibat Penyakit. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2019.

Brooks JB. The Prosess Of Parenting. New York: McGraw-Hill Education; 2012.

Destiana R, Yani ER, Yanuarini TA. Kemampuan Ibu Melakukan Stimulasi untuk Perkembangan Bayi Usia 3-6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Puhjarak Kabupaten Kediri. J Ilmu Kesehat. 2017;6(1):56–65.

Yue A, Shi Y, Luo R, Wang B, Weber A, Medina A, et al. Stimulation and early child development in China: Caregiving at arm’s length. J Dev Behav Pediatr. 2019;40(6).

Zulmiyetri, Nurhastuti, Safarudin. Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group; 2019.

Istiqomah A, Maisaroh T. Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun. J Ilmu Kebidanan. 2015;2(1).

Tamasengge J, Surudani CJ, Siska J, Hinonaung H. Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia 2-5 Tahun di Kelurahan Mahena. J Ilm Sesebanua2. 2018;2(2):3–5.

Taju CM, Babakal A. Hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Perkembangan Kota Manado. J Keperawatan. 2015;3(2):0–7.

Herlina S. Hubungan Lingkungan Pengasuhan dan Pekerjaan Ibu terhadap Perkembangan Bayi 6-12 Bulan. J Kesmas Asclepius. 2018;1(1).

Yusuf S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Vol. 18, Public Health Genomics. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2011.

Hastuti. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher; 2012.

Karo MB. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu terhadap Perekembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun (Toddler) di Sekolah Nisrina Jati Asih Kota Bekasi. J Ilm Widya. 2015;4(3).

Siagian, Carmen M Halisitijayani M. Mother’s Knowledge on Balanced Nutrition to Nutritional Status of Children in Puskesmas (Public Health Center) in the District of Pancora, Southern Jakarta 2014. Int J Curr Microbiol Appl Sci. 2015;4(7):815–26.

Qurniyawati E. The Giving Conformity On Stimulation For The Development of Children. Heal nations. 2017;1(2).

Hidayat AAA. Pengantar Ilmu Kesehatan anak. Vol. 4. Jakarta: Salemba Medika; 2018.

Widianingtyas SI. Hubungan stimulasi dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Adi Husada Nurs J. 2016;2(1):92–5.

Munizar, Widodo D, Widiani E. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Toddler di Posyandu Melati Tlogomas Malang. Nurs News (Meriden). 2017;2(1):357–62.

Maulina EIN, Makhfudli, Ulfiana E. Perbedaan Peran Ibu dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah pada Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja di Wilayah Kerja Puskesma Banyu Urip Surabaya. Indones J Community Heal Nurs. 2014;3(1).

Laloan MM, Ismanto AY, Bataha Y. Perbedaan Perkembangan Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Antara Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja di Wilayah Kerja Posyandu Puskesmas Kawangkoan. J Keperawatan. 2018;6(1).

Geofanny R. Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja (di Kecamatan Samarinda Kota). EjournalPsikologiFisip-UnmulAcId. 2016;4(4):711–21.

Muntiani, Supartini. Hubungan Ibu Bekerja dengan Perkembangan Balita Usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Desa Grogol Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Embrio J Kebidanan. 2013;III:46–52.

Suardani L, Drs. Ketut Pudjawan MP., Luh Ayu Tirtayani SPMP. Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Dilihat dari Status Pekerjaan Ibu di Kelurahan Banyuning Kecamatan Buleleng. J Pendidik Anak Usia Dini Undiksha. 2016;4(2):1–12.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v4i1.4782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.