Hubungan Kebiasaan Makan dan Faktor Stress dengan Kejadian Gastritis di Puskesmas Larangan Utara Kota Tangerang

Nindita Rizkiana, Rani Rahmasari Tanuwijaya

Abstract


Pendahuluan; Gastritis merupakan salah satu masalah kesehatan saluran pencernaan yang paling sering terjadi. Gastritis juga dapat disebut sebagai iritasi lambung atau radang lambung. Penyakit gastritis paling sering dikeluhkan di masyarakat dan diperkirakan hampir semua penderita gastritis mengalami kekambuhan. Salah satu faktor yang dapat menimbulkan munculnya gejala gastritis adalah kebiasaan makan dan faktor stress. Tujuan; untuk mengetahui hubungan kebiasaan makan dan faktor stress terhadap kejadian gastritis. Metode dan Sampel; Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional. Total sampel sebesar 98 responden, menggunakan teknik simple random sampling. Hasil; menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan makan pada pasien dengan kejadian gastritis di Puskesmas Larangan Utara Kota Tangerang (p=0,000), ada hubungan yang bermakna antara faktor stress pada pasien dengan kejadian gastritis di Puskesmas Larangan Utara Kota Tangerang (p=0,000). Kesimpulan; diperoleh bahwa kebiasaan makan dan faktor stress berhubungan dengan kejadian gastritis, dan disarankan kepada penderita gatritis untuk dapat mengontrol keadaan mental atau psikologis tubuh dalam menangani kejadian stress sehingga tidak memicu terjadinya peningkatan asam lambung.

Keywords


Gastritis; Kebiasaan Makan; Faktor Stress

Full Text:

PDF

References


Rizka Ausriyanti N. Hubungan Pola Makan dan Faktor Stress dengan Kejadian Gastritis di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M Jamil Padang. Menara Ilmu. 2019;13(4):105–12.

Tussakinah W, Masrul M, Burhan IR. Hubungan Pola Makan dan Tingkat Stres terhadap Kekambuhan Gastritis di Wilayah Kerja Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh Tahun 2017. J Kesehat Andalas. 2018;7(2):217–25.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Riset Kesehatan Dasar. Jakarta; 2018.

Puskesmas Larangan. Profile Kesehatan Puskesmas Larangan Utara. Tangerang; 2016.

Mawey BK, Kaawoan A, Bidjuni H. Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Pencegahan Gastritis Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Likupang. J Keperawatan. 2014;2(2).

Unun Maulidiyah. Hubungan Antara Stress dan Kebiasaan Makan dengan Terjadinya Kekambuhan Penyakit Gastritis. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga. Surabaya; 2006.

Desty ER. Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis Pada Remaja Kelas X di MA Walisongo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun 2019. Program Studi Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun; 2020.

Khasanah N. Waspadai Beragam Penyakit Degeneratif Akibat Pola Makan. Yogyakarta: Laksana; 2012.

Wulansari, P dan Apriyani H. Diagnosis Keperawatan Pada Pasien dengan Gangguan Pencernaan. J Keperawatan. 2016;12(1):40–5.

Siska H. Gambaran Pola Makan dalam Kejadian Gastritis pada Remaja di SMPN 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. J Proners. 2017;3(1).

Hartati S, Utomo W. Hubungan Pola Makan dengan Resiko Gastritis pada Mahasiswa yang Menjalani Sistem KBK. J Online Mhs. 2014;1(2):51–6.

Yanti M. Hubungan Rentang Stress dan Kebiasaan Pemakaian Obat Anti Inflamasi Non Steroid dengan Kejadian Gastritis di Politeknik Penyakit Dalam RSUP DR. M. DJAMIL Padang Tahun 2010. Fakultas Keperawatan. Universitas Andalas; 2010.

Kusnadi E, Yundari DT. Hubungan Stres Psikologis Dengan Kejadian Gastritis di Wilayah Kerja Puskesmas Cisurupan. J Med Cendikia. 2020;7(1):28–34.

Saroinsong M, Palandeng H, Bidjuni H. Hubungan Stres dengan Kejadian Gastritis pada Remaja Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Manado. J Keperawatan. 2014;2(2).

Astuti DAOP, Wulandari D. Stres dan Perilaku Merokok Berhubungan dengan Kejadian Gastritis. J Ilm Permas J Ilm STIKES Kendal. 2020;10(2):213–22.

Hulu edi K, Pardede JA. Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif Rumah Sakit Sari Mutiara Medan. J Keperawatan. 2016;2(2).




DOI: https://doi.org/10.33085/jdg.v4i1.4966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.