Formulasi Sediaan Gel Hand Sanitizer Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dan Biji Pepaya (Carica papaya L.)

Bellina Elizabeth Dolok Saribu, Khairani Fitri

Abstract


Pendahuluan: Daun kemangi dan biji pepaya memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai antiseptik tangan. Kandungan kimia yang terdapat didalam daun kemangi dan biji pepaya adalah saponin, flavonid, fenol, alkaloid dan minyak atsiri. Ekstrak daun kemangi (Ocimum basilicum L.) dan biji papaya (Carica papaya L.) telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri. Tujuan: Untuk mengetahui daun kemangi (ocium Basilicum L) dan biji papaya  (Carica Papaya L)dapat diformulasikan kedalam sediaan gel hand sanitizer.  Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium, dibuat dengan menggunakan ekstrak etanol daun kemangi dan biji pepaya yang diformulasikan kedalam bentuk sediaan gel hand sanitizer. Formulasi sediaan gel hand sanitizer dibuat  dengan  variasi konsentrasi ekstrak yaitu  10%, 15%, dan 20%. Pengujian karakteristik sediaan gel hand sanitizer meliputi: uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH dan uji hedonik. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sediaan gel hand sanitizer ekstrak daun kemangi dan biji pepaya memenuhi persyaratan karakteristik sediaan gel. Sediaan gel yang dihasilkan memiliki tekstur kental setengah padat dan sediaan terlihat homogen saat dioleskan pada kaca transparan. Warna yang dihasilkan adalah coklat dan aroma khas ekstrak. pH yang dihasilkan dari sediaan gel hand sanitizer ini berkisar antara 6,3- 6,5.  Kesimpulan: Ekstrak daun kemangi dan biji pepaya dapat diformulasikan kedalam bentuk sediaan gel hand sanitizer. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan uji efektivitas antibakteri pada sediaan gel hand sanitizer ekstrak daun kemangi dan biji pepaya.


Keywords


Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum)

Full Text:

PDF

References


Radji M SHAD. Uji Efektifitas Antimikroba Bebrapa Merek dagang Pembersih Tangan Antiseptik. Majalah Ilmu Kefarmasian. 2007.

Infodatin KKR. Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Jakarta:, Kesehatan RI; 2014.

Kherunnisa R R OLF. Formulasi dan Uji Efektifitasi Sedian Gel Antiseptik Tangan Mengandung EKstrak Ethanol Daun Mangga Arumanis (Mangifera Indica L.). Prossiding Penelitian Spesiaunisba. 2015.

Sari R ID. Studi Efektifitas Sediann Gel Antiseptik Tangan Extract Daun Sirih (Paper Betle Linn). Majalah Farmasi Indonesia. 2006.

Angelina M TMKS. Uji Aktivitas Antibakteri Ektrak Ethanol Daun Kemangi (ocimum Santum L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Eschericia Coli dan Stapylococus aerus. Protobion. 2015.

Almahdy A MY. Uji Fetotoksisitas kstrak Daun Kemagi (Ocimum Sanctum l.) Pada Mencit Putih. Sains dan Tekhnologi Farmasi. 2010.

Maryati FRRT. Uji aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Daun Kemangi (Ocimum Basilicum l.) Terhadap Stapylococus Aerus dan Eschericia Coli. Sains dan Tekhnologi Farmasi. .




DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v2i1.4396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Muhammad Andry
Department of Pharmacy, Faculty of Pharmacy, Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606
email: duniafarmasi@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.