Evaluasi Kepatuhan Penulisan Resep Obat Generik Pada Pasien BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Haji Medan

Putra Manik, Jacub Tarigan

Abstract


Pendahuluan: Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, bukan lah barang murah yang dapat dibeli dan nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.  Kesehatan merupakan salah satu modal bagi pelaksanaan pembangunan nasional menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat. BPJS kesehatan adalah adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan PerMenKes RI No. HK.02.02/MENKES/068/I/2010 yang mewajibkan penulisan   resep dengan nama generik di fasilitas Kesehatan Pemerintah untuk mengantisipasi tingginya harga obat. Tujuan: Untuk mengevaluasi kepatuhan penulisan resep obat generik untuk pasien BPJS rawat jalan pada pelayanan kesehatan  di Rumah Sakit Umum Haji. Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif non eksperimental dengan pengambilan data secara retrospektif dengan analisis deskriptif univariat dengan pengambilan  366 lembar resep sebagai sampel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan telah dilaksanakan penulisan resep obat generik. Persentase penulisan resep dengan nama generik periode januari sampai dengan juni 2016 adalah Januari 67,2%, Februari 72,1%, Maret 77,0%, April 78,7%, Mei 82,0%, dan bulan Juni 85,2% dengan rata-rata 77,03%. Kesimpulan: Penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase setiap bulan walaupun belum optimal.

 


Keywords


BPJS kesehatan, Obat Generik

Full Text:

PDF

References


Ali M. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo; 2009.

Permana Ipyi, Suyatna In, Sarna K. Implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Terkait Pendaftaran Peserta Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Di Kabupaten Gianyar. Kertha Negara. 2017;5(02).

Rukmini R, Ristrini R, Tumaji T. Integrasi Jamkesda Dalam Jkn Bagi Pbi Di Kota Blitar Dan Kota Malang. Bul Penelit Sist Kesehat. 2017;20(1):34–42.

Royanah U. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non Pbi) Di Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang; 2015.

Geswar Rk, Nurhayani B. Kesiapan Stake-Holder Dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Kabupaten Gowa. J Univ Hasanuddin. 2014;

Tanner Ae. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Resep Obat Generik Pada Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Rsup. Prof. Dr. Rd Kandou Manado Periode Januari-Juni 2014. Pharmacon. 2015;4(4).

Annisa V. Tinjauan Yuridis Pelayanan Kesehatan Oleh Bpjs Dihubungkan Dengan Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Fakultas Hukum Unpas; 2018.

Sondari A. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Brebes Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33085/jdf.v1i2.4363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Muhammad Andry
Department of Pharmacy, Faculty of Pharmacy, Institut Kesehatan Helvetia
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara-20124, Indonesia
Hp: +6281262445695. Tel: (061) 42084606
email: duniafarmasi@helvetia.ac.id
Faks. (061) 42084606Website: https://helvetia.ac.id/.