Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi di Wilaya Kerja Puskesmas Satria Kota Tebing Tinggi

Dwiana Kartika Putri, Dian Zuiatna

Abstract


Latar Belakang; Imunisasi telah terbukti sebagai salah satu upaya kesehatan masyarakat yang sangat penting. Program imunisasi merupakan salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif untuk menurunkan angka kematian bayi dan balita. Survei awal yang dilakukan peneliti di Puskesmas Satria, hasil survei awal diperoleh bahwa semua wilayah kerja Puskesmas Satria yang terdiri dari 7 kelurahan sudah dalam kategori UCI. Tujuan; Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu terhadap kelengkapan imunisasi dasar pada bayi. Metode; Desain penelitian ini menggunakan metodeanalitik dengan desain cross sectional.Sampel dalam penelitian ini menggunakn rumus slovin sebanyak 87 orang yang dianalisa dengan menggunakan uji chi-square (bivariat) dan menggunakan regresi linier berganda (multivariat). Hasil; Hasil uji chi-square diperoleh nilai P = 0,000 untuk variabel pengetahuan, P = 0,004 untuk variabel sikap, P = 0,001 untuk variabel keterjangkauan fasilitas kesehatan dan P = 0,001 untuk peran petugas kesehatan (P-value< 0,05). Hasil Uji Regresi Linier Berganda diperoleh bahwa Y = 0.591 + 0,120 X1 + 0,206 X2  +  0,316 X3 + 0,388 X4.  Interpretasi  dari  persamaan  regresi  linier berganda adalah kelengkapan imunisasi dasar akan meningkat seiring dengan pengetahuan yang baik, sikap yang positif, fasilitas kesehatan yang terjangkau dan peran petugas kesehatan yang baik. Kesimpulan; Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pengetahuan sikap, keterjangkauan fasilitas kesehatan dan peran petugas kesehatan terhadap kelengkapan imunisasi dasar pada bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Satria Kota Tebing Tinggi.

Kata Kunci : Faktor yang Mempengaruhi, Imunisasi Dasar   


Full Text:

PDF

References


Notoatmodjo S. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Mubarak WI. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Budiman, Riyanto. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Azwar S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Yogyakarta: Pustaka Pelajar Budiman; 2014.

Mondal, R.K., Majumder, M.K, Rayhan, S.J. The Impact Of Maternal Eduction On Child Health. Asian Journal of Social Science & Humanities. 2014; 3(3).

Nainggolan O. Pengaruh Akses ke Fasilitas Kesehatan terhadap Kelengkapan Imunisasi Baduta (Analisis Riskesdas 2013). Media Litbangkes. 2016 Maret; 26(1).

Nurhidayah L. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Desa Jurangbahas dalam Pemanfaatan Puskesmas di Puskesmas II Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Fakultas Ilmu Kesehatan; 2017.

Purnama E. Hubungan Peran Tenaga Kesehatan dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Anak Usia 12-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Ampel 1 Boyolali. Perpustakaan Pusat UGM. 2016.

Ningsih F. Hubungan Peran Orang Tua dan Petugas Kesehatan Dengan Kelengkapan Imunisasi pada Keluarga yang Memiliki Bayi Usia 0-12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. 2016 Agustus; 08 (02).

Zakiyah A. Hubungan antara Peran Petugas Kesehatan dengan Cakupan Imunisasi per Antigen Tingkat Puskesmas di Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah. 2014.

Susila, Suyanto. Metode Penelitian Epidemiologi Bidang Kedokteran dan Kesehatan Yogyakarta: Bursa Ilmu; 2014.

Muhammad I. Pemamfaatan SPSS Dalam Penelitian Kesehatan & Umum dr. Hj. Razia Begum Suroyo MS,MK, editor. Medan: Citapustaka Media Perintis; 2016.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2016.




DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v1i2.3977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidan Komunitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person: Wardiah Suryani

Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.

Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106

email : bidankomunitas@helvetia.ac.id