Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah terhadap Kualitas Pelayanan Pasien IGD di UPTD RSUD Datu Beru Aceh Tengah

Mizza Wan Fitri, Muhammad Adiul Ilham

Sari


Pendahuluan: Komunikasi dalam pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan untuk membangun suatu hubungan anatara tenaga kesehatan dan pasien. Salah satu komunikasi yang digunakan dalam pelayanan kesehatan adalah komunikasi menggunakan bahasa daerah. Penggunaan bahasa daerah sering menjadi komunikasi yang efektif anatara tenaga kesehatan dan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap kualitas pelayanan pasien IGD di UPTD RSUD Datu Beru Aceh Tengah tahun 2022. Metode: Metode penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Aceh tengah penelitian ini dilakukan mulai survei awal dari bulan januari  2022 sampai dengan selesai. Populasi penelitian sebanyak 1.620 pasien di ruang IGD. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling menggunakan rumus slovin sebanyak 94 responden. Analisis data menggunakan univariat, bivariate, dan multivariate. Hasil: Model summary memiliki kegunaan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel atau lebih du dalam persamaan regresi. Disini yang di lihat adalah nilai R-Square. Regresu secara keseluruhan menunjukkan R Sebesar 0.893 yang berarti bahwa kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang kuat sebesar 89.3% dikatakan kuat karen angka tersebut diaras 0.5. Kesimpulan: Ada pengaruh antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel penggunaan bahasa daerah di RSUD Datu Beru Aceh Tengah.


Kata Kunci


Ketersediaan Obat, Pasien Rawat Jalan, Pelayanan Farmasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Gatot D.B dan Adisasmito W. (2005). Hubungan karakteristik Perawat, Isi Pekerjaan dan Lingkungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi rawat Inap RSUD Gunung Jati Cirebon 1-10.

Undang- undang pokok Kesehatan RI NO.9 tahun 1960

Undang-undang No.23 tahun 1992

Anggraini Lia dan Nathalia Kirana. (2014) Desain Komunikasi Visual. Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia

Mundakir.(2013), Komunikasi keperawatan aplikasi dalam pelayanan. Edisi pertama, EGC, Jakarta

Tumbuan, F. C., Mulyadi, N., & Kallo, V. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepercayaan Keluarga Pasien Di Intensive Care Unit (Icu) RSU Gmim Kalooran Amurang. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1).

Tanapuan, O. P. dkk.(2019). Hubungan Persepsi Tentang Komunikasi Verbal dan Non-verbal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Vol. 4, No. 1.

Badjo, E. L.,dkk. (2015). Peran Komunikasi Keluarga dalam Melestarikan Bahasa Tobelo di Desa Kumo Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Acta Diurna: Vol. 4, No. 4.

Muhammad Hasan Ma’ruf. (2016). Analisis Kualiatas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Suko Harjo. STIE AAS Surakarta

Muhammad I. Panduan penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis; 2015.

Wildan Pahlevi. (2009) Analisis pelayanan. FKM UI

Azrul Azwar (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga : Jakarta

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 66/MENKES/11/1987

Permenkes RI No.47 tahun 2018




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v7i1.6237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.