Tingkat Pendidikan Berpengaruh Signifikan terhadap Prestasi Kerja Perawat

Suprapto Suprapto, Trimaya Cahya Mulat, Muh Ihsan Kamaruddin

Sari


Pendahuluan: Tingkat pendidikan yang lebih tinggi biasanya memberikan perawat pengetahuan yang lebih mendalam tentang praktek perawatan kesehatan, perkembangan terkini, dan meningkatkan kemampuan analitis dan pemecahan masalah perawat, memungkinkan mereka untuk memberikan perawatan yang lebih efektif. Tujuan: Tujuan penelitian mengetahui tingkat pendidikan pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja perawat. Metode: Desain penelitian adalah penelitian deksriptif analitik kualitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah seluruh perawat yang bekerja pada ruang perawatan interna sebanyak 26 respon dengan menggunakan teknik pengambilan sample adalah total sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan (α) = 0,05, diperoleh nilai p = 0,003, hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan pretasi kerja perawat pelaksana. Kesimpulan: Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan pretasi kerja perawat pelaksana. Perawat dengan pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki pengetahuan dan keterampilan klinis yang lebih baik, memungkinkan mereka memberikan perawatan dengan kualitas yang lebih tinggi.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan; Prestasi Kerja; Tingkat Pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Suprapto S, Mulat TC, Lalla NSN. Nurse competence in implementing public health care. Int J Public Heal Sci. 2021 Jun;10(2):428.

Suprapto S, Lalla NN, Mulat TC, Arda D. Human resource development and job satisfaction among nurses. Int J Public Heal Sci. 2023 Sep;12(3):1056.

Aminuddin Aminuddin, A. Suyatni Musrah, Lumastri Ajeng Wijayanti, Yofa Anggriani Utama, Suprapto. Commitment and Job Satisfaction with Nurse Job Performance. J Nurs Pract. 2023 Oct;7(1):209–15.

Suprapto S, Lalla NN, Arda D. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Kesehatan Masyarakat. Wind Heal J Kesehat. 2023;250–7.

Yustikasari SAT, Santoso B. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Bagian Rawat Inap di Rumah Sakit Tingkat III Brawijaya Surabaya. Al-Kharaj J Ekon Keuang Bisnis Syariah. 2023 Aug;6(1):928–39.

Salomon GA, Sasarari ZA, Lontaan A, Keintjem F, Runtu LG. The Effect of Stress and Environment on Nursing Performance. J Edukasi Ilm Kesehat. 2023 Aug;1(2):61–6.

Yusuf A, Syafar M, Rosmasrah R, Hasmah H. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Rekam Medis. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2021 Dec;10(2):340–6.

Kiki Wulandari. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Uptd Puskesmas Gampeng Kabupaten Kediri. Jimbien J Mhs Manajemen, Bisnis, Entrep. 2022 Dec;1(2):87–98.

Salamonson Y, Roach D, Crawford R, McGrath B, Christiansen A, Wall P, et al. The type and amount of paid work while studying influence academic performance of first year nursing students: An inception cohort study. Nurse Educ Today. 2020 Jan;84:104213.

Bani Salameh AK, Malak MZ, El-Qirem FA, Alhussami M, El-hneiti M. Effect of virtual reality simulation as a teaching strategy on nursing students’ satisfaction, self-confidence, performance, and physiological measures in Jordan. Teach Learn Nurs. 2024 Jan;19(1):e235–41.

García R. Embracing the new year: Advancing student performance, competence, and the use of measures of equity in nursing education. Teach Learn Nurs. 2024 Jan;19(1):1–2.

Hosen S, Hamzah SR, Ismail IA, Alias SN, Aziz MFA, Rahman M. Training & development, career development, and organizational commitment as the predictor of work performance. Heliyon. 2024 Jan;10(1):e23903.

Pursio K, Kankkunen P, Sanner‐Stiehr E, Kvist T. Professional autonomy in nursing: An integrative review. J Nurs Manag. 2021 Sep;29(6):1565–77.

Ahmady S, Shahbazi S. Impact of social problem-solving training on critical thinking and decision making of nursing students. BMC Nurs. 2020 Dec;19(1):94.

Cummings GG, Lee S, Tate K, Penconek T, Micaroni SPM, Paananen T, et al. The essentials of nursing leadership: A systematic review of factors and educational interventions influencing nursing leadership. Int J Nurs Stud. 2021 Mar;115:103842.

Babapour A-R, Gahassab-Mozaffari N, Fathnezhad-Kazemi A. Nurses’ job stress and its impact on quality of life and caring behaviors: a cross-sectional study. BMC Nurs. 2022 Mar;21(1):75.

Doody O, Hennessy T, Bright A-M. The role and key activities of Clinical Nurse Specialists and Advanced Nurse Practitioners in supporting healthcare provision for people with intellectual disability: An integrative review. Int J Nurs Stud. 2022 May;129:104207.

Chen Q, Liu D, Zhou C, Tang S. Relationship between critical thinking disposition and research competence among clinical nurses: A cross‐sectional study. J Clin Nurs. 2020 Apr;29(7–8):1332–40.

Bhatti MK, Soomro BA, Shah N. Work environment and performance among nurses: a significant way to overcome violation of human rights in the health sector. Int J Hum Rights Healthc. 2022 Dec;15(5):443–61.

Graf AC, Jacob E, Twigg D, Nattabi B. Contemporary nursing graduates’ transition to practice: A critical review of transition models. J Clin Nurs. 2020 Aug;29(15–16):3097–107.




DOI: https://doi.org/10.33085/.v6i2.6009

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.