Analisa Faktor Penyebab Keterlambatan Pendistribusian Rekam Medis Rawat Jalan di Puskesmas Abiansemal I

Ni Putu Vina Asridewi, Nurul Faidah, Ni Nyoman Meryadi

Sari


Pendahuluan: Waktu tunggu pasien merupakan salah satu tolak ukur dalam aspek mutu pelayanan Kesehatan. Rekam medis harus sampai di poliklinik rawat jalan dengan tepat waktu, maka pelayanan akan tepat waktu pula sehingga meminimalisir waktu tunggu pasien. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan pendistribusian rekam medis berdasarkan unsur 5M (Man, Materials, Methode, Machines, Money). Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode wawancara terstuktur, teknik pengambilan partisipan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling sebanyak 6 orang petugas rekam medis. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor man yaitu kurangnya pelatihan petugas tentang rekam medis, kurangnya jumlah petugas diruang filling, dan sering terjadi human error. Faktor money yaitu petugas belum pernah mendapatkan dukungan dana untuk reward dalam pekerjaan. Faktor materials yaitu tidak tersedianya trolly dalam kegiatan pendistribusian rekam medis. Faktor machines tidak tersedianya komputer pada ruang filling. Faktor method yaitu tidak pernah melakukan rapat evaluasi terkait waktu pendistribusian. Kesimpulan: Diharapkan penambahan SDM dengan lulusan rekam medis dan petugas bukan rekam medis diikuti pelatihan tentang rekam medis, perlu adanya reward dan punishment untuk menilai staff, adanya penambahan material seperti trolly yang dapat mempermudah pekerjaan, penambahan komputer pada ruang filling sangat penting agar tidak terjadi kesalahan penulisan poliklinik, perlunya rapat evaluasi terkait waktu pendistribusian rekam medis.


Kata Kunci


Faktor Penyebab Keterlambatan; Pendistribusian; Rekam Medis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Menkes R. Permenkes No.55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. 2013.

Kementerian Kesehatan RI. Permenkes No. 129 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2008.

Hikmah F, Wijayantin RA, Rahmadtullah YP. Penentu Prioritas dan Perbaikan Masalah Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Daerah Kalisat. J Manaj Inf Kesehat Indones. 2019;7(1):52–8.

Siswati. Bahan Ajar RMIK, Manajemen Unit Kerja II Perencanaan SDM Unit Kerja RMIK. 2018.

Dinata A. Pendampingan Penyusunan DED Pembangunan Puskesmas Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. NGABDIMAS-Jurnal Pengabdi Kpd Masy. 2018;1(1):1–5.

Kesehatan M. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 312. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2020.

Kementerian Kesehatan. Permenkes RI No. 24. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI: Kementerian Kesehatan RI; 2022.

Hakam F. Analisis Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Puskesmas X. J Manaj Inf dan Adm Kesehat. 2018;1(1).

Sulaiman ES. Manajemen kesehatan: Teori dan praktik di puskesmas. Ugm Press; 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung : PT. Alfabeta; 2017.

Hidayat AAA. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Ed. II. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Zahra AA, Herfiyanti L. Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kurnia Cilegon. Cerdika J Ilm Indones. 2021;1(7):761–74.

Pratiwi A, Widjaja L, Muniroh M, Putra DH. Tinjauan Lama Waktu Pendistribusian Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Bhakti Asih. Cerdika J Ilm Indones. 2022;2(4):463–8.

Ansori S, Sari I, Sufyana C. Sistem Informasi Distribusi Rekam Medis (Studi Kasus: RSAU Lanud Sulaiman). J Sains Dan Inform. 2022;8(1):70–9.

Ulfa HM. Analisis Unsur Manajemen dalam Pengolahan Rekam Medis di Rumah Sakit TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. Kesmars. 2018;1(1):20–5.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v6i1.5869

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.