Hubungan Mutu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien BPJS Selama Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Amplas

Alfred Solidaritas Telaumbanua, Chairul Syahputra, Sri Agustina Meliala

Sari


Pendahuluan: Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata yang sebagaimana telah ditetapkan berdasarkan standar dan kode etik profesi. Di masa pandemi covid-19, keselamatan pasien (patient safety) di Rumah Sakit ialah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman meliputi assessmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko. Tujuan: Untuk untuk mengetahui mutu pelayanan poliklinik rawat jalan dengan kepuasan pasien BPJS pada masa pandemi covid 19 di RSU Mitra Medika Amplas Medan. Metode: Menggunakan Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di RSU Mitra Medika Amplas Medan. Populasi penelitian seluruh pasien BPJS rawat jalan melakukan pengobatan di RSU Mitra Medika Amplas Medan dan sampel sebanyak 99 orang. Hasil: Menunjukkan variabel Keandalan  memiliki nilai p=0,002<0,05, Empati p=0,000<0,05, Ketanggapan p=0,000<0,05, Jaminan p=0,002 <0,05, dan Penampilan Fisik p=0,004>0,05. Kesimpulan: Ada hubungan variabel Keandalan, Empati, Ketanggapan, Jaminan dan Penampilan Fisik dengan kepuasan pasien BPJS selama masa pandemi covid 19 dengan p sig < 0,05. Disarankan petugas kesehatan lebih sigap dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan diberikan

Kata Kunci


Mutu Pelayanan; Kepuasan; Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anggraeni DS. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. J Online Mhs Fak Ilmu Sos dan Ilmu Polit Univ Riau. 2015;2(1):68–70.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009;

Aditama tjandra Y. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. 2nd ed. Sugiarta Sriwibawa, editor. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press); 2006. 335 p.

M. Imron Rosyidi, S.Kep, Ns MK, I Wayan Sudarta, S.Kep, Ns MK, Eko Susilo, S.Kep, Ns MK. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. 1st ed. Yogyakarta: Gosyen publishing 2020; 2020. 156 p.

Kurnia S, Hastuti W, Mudayana AA, Nurdhila AP. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. 2017;11(2).

Mutu H, Kesehatan P, Kepuasan D, Di P, Toliaso CS, Mandagi CKF, et al. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado. 2018;7.

Nurcahyanti E. Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2017;3(1):8.

Nur Yanti. Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Fasilitas dan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Djemma Masamba Kabbupaten Luwu Utara. Univ Islam Negeri Alauddin Makasar. 2013;53(9):1689–99.

Rahmiati R, Temesveri NA. Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tanggerang Tahun 2019. J Kesehat. 2020;13(1):13–21.

Lubis AJ. Meningkatkan keselamatan pasien dirumah sakit, terkait dengan masa masa pandemi covid-19. 2020;

Muhammad Iman. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah.Cetakan Kelima. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.

Muhammad I. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan dan Umum. Cipta pustaka Media Printis. Bandung; 2016.

Tarigan AM, Zein U, Syamsul D. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kebaikan Pasien Rawat Jalan Jantung di Rumah Sakit Advent Medan. J Rekam Med. 2018;1(2):64–75.

Tarigan J, Nadapdap TP, Syamsul D, Tarigan AM. Analysis of Service Quality in Pharmaceutical Installations on Outpatient Patient Satisfaction. J La Medihealtico. 2023;4(1):42–55.

Rangkuti DR, Tarigan AM, Hasibuan J. Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap terhadap Kepuasan Mutu Pelayanan di Unit Admisi RSU Sarah Medan. ZAHRA J Heal Med Res. 2023;3(1):30–43.

Tarigan AM, Fitria D. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjung Ulang Pasien Di Klinik Pratama Kelambir Medan. Indones Trust Heal J. 2021;4(2):477–86.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v6i1.5830

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.