Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD Puskesmas Langsa Kota
Sari
Penilaian kepuasan pasien penting untuk dilakukan karena merupakan bagian dari mutu pelayanan, berhubungan dengan pemasaran, dan prioritas peningkatan pelayanan.Desain penelitian menggunakan rancangan crossectionaldengan tujuanuntuk Menganalisis Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan UPTD Puskesmas Langsa Kota.Populasi sebanyak 96 orang. Sampel penelitian berjumlah 96 respondendengan teknik total sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwadari Uji bivariate menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan karena nilai p value <0.05.Uji Hipotesis dengan bahwa waktu penyelesaian dan sarana prasarana mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dikarenakan p-value (Sig)<0.05.sedangkan 8 (delapan) variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh dikarenakan p-value (Sig)>0.05. Nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,446 yang berarti mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu kepuasan pasiensebesar 44,6%. Kesimpulan dari semua variabel tersebut ternyata Uji bivariate menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan karena nilai p value <0.05.Kepala UPTD Puskesmas Langsa Kota sebaiknya lebih meningkatkan pengawasan dalam kelengkapan pencatatan rekam medik pasien supaya terjaga kelangsungan pelayanan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. 2014.
Pohan I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar- Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2006.
Farianita R. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instansi Rawat Jalan Di Rumah Sakit TK III Bhakti Wira Tamtama. Semarang; 2016.
Khusnawati. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pada Puskesmas Sungai Durian. Kab Kubu JMPK; 2010.
Profil UPTD Puskesmas Langsa Kota. 2016;
Rama M. A Study On The Satisfaction Of Patient With Reference To Hospital Service. 2011;
Purnomo. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batang III. 2011;
Putri A. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Interme Pria dan Wanita RSUD dr. Achmad Mochtar. 2014;
Peraturan Menteri Pembayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 2017.
Akmalimah G. Faktor- Faktor Yang Mepengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Di Puskesmas Baros Kota Sukabumi. 2014;
Kotler P. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Indeks; 2009.
Tjiptono F. Pemasaran Jasa. Malang: Bnayumedia Publishing; 2005.
Kotler P. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga; 2001.
Triwardani Y. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Pelayanan Di Puskesmas Pamulang. 2017;
Nova. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rwat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. 2010;
Wijono D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press 2000; 2000.
Tjiptono F. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2008.
Prasetyo B. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo; 2014.
Muhammad I. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan Dan Umum. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis; 2015. p. 14.
Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis; 2015. p. 61,79,80,81.
Suliyanto. Metodologi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.
DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i2.4884
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.