Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Ruang Penyakit Dalam di RSUD Dr. Fauziah Bireuen

Agusdiana Agusdiana

Abstract


Pendahuluan : Penilaian terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang baik tidak terbatas pada kesembuhan penyakit secara fisik, tetapi juga terhadap sikap, pengetahuan dan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, tanggap dan tersedianya sarana serta lingkungan fisik yang memadai. Tujuan : Untuk menganalisisPengaruh Kualitas pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Ruang Penyakit Dalam di RSUD dr. Fauziah Bireuen  . Metode :Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan design cross sectional yang dilakukan di RSUD dr. Fauziah Bireuen dengan tujuan untuk menganalisisPengaruh Kualitas pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Ruang Penyakit Dalam di RSUD dr. Fauziah Bireuen  . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Ruang Penyakit Dalam sebanyak 180 orang dengan sampel dalam penelitian sebanyak 124 orang. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat.Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa variabel kompetensi teknis dengan nilai p= 0,000 ; variabel efesiensi  nilai  p= 0,000 ; keselamatan pasien dengan nilai p= 0,000 dan hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel kompetensi teknis koefisien B= 4.080 dengan sig= 0.000; variabel efisiensi koefisien B=2.834 dengan sig= 0.000; pada variabel keselamatan pasien koefisien B= 1,996 dengan sig= 0.007. Kesimpulan:Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kompetensi teknis, efesiensi, dan keselamatan pasien berpengaruh dengan kepuasan pasien dan variabel yang paling besar pengaruh nya terhadap kepuasan pasien adalah kompetensi teknis. Disarankan agar pihak rumah sakit senantiasa meningkatkan kompetensi teknis dengan cara memberikan kesempatan kepada petugas untuk meningkatkan kompetensinya melalui pendidikan berkelanjutan,pelatihan dan seminar.


Keywords


Kepuasaan pasien, Kompetensi Teknis, Aspek Efisiensi, Aspek Keselamatan Pasien

Full Text:

PDF

References


Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2017;1(6):9–15.

Wahyudi D. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Janabadra Yogyakarta; 2011.

Eninurkhayatun B, Suryoputro A, Fatmasari EY. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2017;5(4):33–42.

Santoso S. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada RS. Roemani Muhammadiyah Semarang. Universitas Diponegoro Semarang; 2012.

Umaternate T.S, Kumaat L.T, Mulyadi. Hubungan pelaksanaan identifikasi pasien secara benar dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Prof.DR.R.D.Kandou Manado.E-Jurnal Keperawatan. 2015;3(2):1–6.

Dewi A. Kepuasan Pasien terhadap Komunikasi Dokter Pasien di Puskesmas Patient Satisfaction to Doctor Patient Communication in Community Health Centre. Mutiara Media. 2009;9(2):37–45.

Iman, M. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Sosial Dan Kesehatan, STIKes Helvetia Medan, Citapustaka Media Perintis, Bandung. 2016.

Biro Pusat Statistik, Bapedda. Bireuen Dalam Katalog BPS, Kabupaten Bireuen. 2017.

Profil RSUD Fauziah Kabupeten Bireun 2017.

Anjaryani., W., D. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat Di RSUD Tugu Rejo Semarang”. Tesis. Program Studi Magister Promosi Kesehatan Kajian Sumberdaya Manusia Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang. 2009.

Wijaya., M. A., & Rantung, G. A. “Persepsi Pasien Terhadap Perawat Profesional”. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia. 2015.

Nugrahaningsih W. Hubungan Sikap Perawat dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan di Bangsal Pavilliun RSUD Salatiga. STIKES Kusuma Husada Surakarta; 2016.

Respati SA. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2014. Universitas Negeri Semarang; 2015.

Hafid. Hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna ASKESKIN di ruang rawat inap PKU Muhammadiyah Yogyakarta. PSIK-Stikes Aisyiyah Yogyakarta; 2014.

Jakobalis. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit (Quality Assurance). Jakarta: Citra Windu Satria; 2008.

Mukti WY, Hamzah A, Nyorong M. Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Jurnal AKK. 2013;2(3).

Bustami. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabiltasnya. Jakarta: EMS; 2011.

Maryam D. Hubungan Antara Penerapan Tindakan Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Irna Bedah Dan Irna Medik RSU Dr. Soetomo Surabaya. Universitas Indonesia; 2009.

Kotler, Philip, Lane KK. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Molan. P: B, editor. Jakarta: PT Indeks; 2008.

Fitri L. Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Perawat Terhadap Keselamatan Pasien Di RSU H. Sahudin Kutacane. Universitas Sumatera Utara Medan; 2010.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i2.4879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.