Faktor Yang Memengaruhi Kejadian Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) Pada Pasien Rawat Inap di RSU Madani Kota Medan

Muhammad Firza Syahlefi Lubis, Asyiah SImanjorang

Sari


Pendahuluan: Kepuasan terhadap pelayanan kesehatan diukur dengan indikator kepuasan mutu layanan kesehatan, proses layanan kesehatan dan sistem layanan kesehatan. Namum adakalanya layanan yang diterima tidak sesuai dengan harapan pasien, Hal ini menyebabkan pasien merasa tidak puas akhirnya memutuskan untuk mengakhiri pengobatan terhadap dirinya dan pasien pulang sebelum selesai masa pengobatannya yang dikenal sebagai pulang atas permintaan sendiri (PAPS) atau pulang paksa. Angka PAPS di RSU Madani lebih dari SPM Rumah Sakit yaitu tidak lebih dari 5% sedangkan kejadian PAPS di RSU Madani 6,6% Tujuan: Untuk meneliti tentang Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Kejadian Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) di RSU Madani Kota Medan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian survei explanatory research dengan pendekatan CrossSectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien PAPS yang dirawat inap. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang akan diteliti total population. Hasil: Penelitian menunjukan adanya pengaruh antara variabel keterjangkauan biaya P (Sig) = 0.003, variabel sarana prasarana P (Sig) = 0.018 dan variabel dukungan keluarga P (Sig) = 0.022. Variabel yang paling mempengaruhi adalah variabel keterjangkauan biaya dengan nilai Exp(B) sebesar 34.810 keterjangkauan biaya pasien lebih berisiko mengalami PAPS pada pasien umum sebanyak 35 kali lipat dibandingkan dengan pasien asuransi. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel pengetahuan, sikap petugas, dan persepsi penyakit. Kesimpulan: RSU Madani Medan diharapkan memberikan informasi yang jelas terkait biaya yang harus dikeluarkan pasien agar tidak terjadi salah persepsi dan membenahi sarana prasarana seperti memperluas lahan perpakiran rumah sakit agar pasien merasa nyaman dan menekan tingginya angka PAPS di rumah sakit.


Kata Kunci


Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS), Asuransi, Umum

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Nomor U-URI. Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta. 2009. Online; 36AD.

Griggs D, Stafford-Smith M, Gaffney O, Rockström J, Öhman MC, Shyamsundar P, et al. Policy: Sustainable development goals for people and planet. Nature. 2013;495(7441):305.

Nomor U-URI. tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Diakses pada tanggal. 44AD;9.

Nomor PMKRI. tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Kementrian Kesehat RI. 56AD;

Muninjaya AAG. Manajemen kesehatan. In EGC; 2004.

Fauziah N. Analisis Persepsi Pasien Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga di Ruang Rawat Inap Terpadu (Rindu) A RSUP Haji Adam Malik Medan Tahun 2013.

Pohan Imbalo S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta Penerbit Buku Kedokt EGC. 2007;

Medan RM. Profil Rumah Sakit Umum Madani Medan. Vol. 1, Profil RSU Madani Medan. Medan; 2018.

DepKes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Dep. Kes RI; 2010.

Kesehatan K. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rawat Jalan Rumah Sakit. Jakarta.

Rosita S. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling dan Needs Terhadap Keputusan Pasien Untuk Pulang Atas Permintaan Sendiri (PAPS) di RSUD Dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan.

Syaifuddin A. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta; 1995.

Notoatmodjo S. Ilmu Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Supranto J. Pengukuran tingkat kepuasan konsumen untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006;

Hartono B. Manajemen pemasaran untuk rumah sakit. Jakarta: rineka cipta. 2010;

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah Hal 92-98. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2016.

Arikunto S. Metode penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2002;71–89.

Muhammad I. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Sosial dan Kesehatan. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2016.

Skinner BF. Ilmu pengetahuan dan perilaku manusia. Diterjemahkan Maufur) Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta. 2013;

Maramis WF. Ilmu perilaku dalam pelayanan kesehatan. Surabaya Univ Airlangga. 2006




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v1i2.3981

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.