Hubungan antara Pemaafan dengan Perilaku Merundung pada Mahasiswa Korban Perundungan

Batari Migrani, Muh Daud, Kurniati Zainuddin

Abstract


Perundungan adalah pola agresivitas yang mempunyai pengaruh dominan ke arah negatif terhadap korban. Perundungan dapat berupa perkataan dan sentuhan fisik yang dilakukan dengan tujuan menyakiti korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemaafan dengan perilaku merundung pada mahasiswa korban perundungan. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai kedua variabel, menjadi bahan intropeksi diri bagi pelaku, dan agar korban terhindar menjadi pelaku perudungan selanjutnyaPopulasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sampel dalam penelitian ini memiliki kriteria, mahasiswa aktif Psikologi UNM, berusia 18-24 tahun, angatan 2017-2021, dan pernah mengalami perundungan (korban perundungan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 213 mahasiswa, kemudian peneliti melakukan screening maka sisa sampel 210 yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala pemaafan dan skala perundungan yang telah diadaptasi dan dimodifikasi. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala TRIM-18 dan skala perundungan menggunakan Adolecent Peer Relation Inatrument (APRI) yang telah di adaptasi dan modifikasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel berhubungan dengan nilai p=0,026 (p<0,05) dan nilai r=0,154 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara variabel pemaafan dengan perilaku merundung. Artinya semakin tinggi pemaafan maka semakin rendah perilaku merundung pada mahasiswa korban perundungan

Keywords


Korban Perundungan; Pemaafan; Perundungan

Full Text:

PDF

References


Juwita VR, Kustanti ER. Hubungan antara Pemaafan dengan Kesejahteraan Psikologis pada Korban Perundungan. J Empati. 2020;7(1):274–82.

Sartika M. Pengaruh Bullying terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh. [Skripsi]. UIN Ar-Raniry Banda Aceh; 2019.

Hill GJ, Drory N, Good J, Lee H, Vattiat B, Kriel H, et al. Deployment of the Hobby-Eberly Telescope Wide Field Upgrade. In: Ground-based and Airborne Telescopes V. SPIE; 2014. p. 40–58.

Afiyani IA, Wiarsih C, Bramasta D. Identifikasi Ciri-ciri Perilaku Bullying dan Solusi untuk Mengatasinya di Sekolah. J Mhs BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia. 2019;5(3):21–5.

Ahkam MA, Fakhri N. Bullying pada Siswa SMA. J Psikol Talent. 2017;2(2):10.

Sari RN, Agung IM. Pemaafan dan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa Korban Bullying. J Psikol. 2015;11(1):32–6.

Watson H, Rapee R, Todorov N. Forgiveness Reduces Anger in a School Bullying Context. J Interpers Violence. 2017;32(11):1642–57.

Sukma BP, Puspitasari DA, Afiyani SA, Okitasari I, Palupi D, Kusumawardani F, et al. Cyberbullying Speech Patterns Among Indonesian Students Pola Tuturan Perundungan Siber (Cyberbullying) di Kalangan Pelajar Indonesia. J Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya. 2021;49(2):205–23.

Ilma FZ. Tindakan Perundungan Siswa dalam Berinterksi di Sekolah Dasar. [Skripsi]. Universitas Islam Sultan Agung Semarang; 2022.

Emmanuela J. Analisis Upaya Mengatasi dan Mencegah Perundungan Remaja di Sekolah dalam Film “Better Days” dan “Cry Me A Sad River.” Century J Chinese Lang Lit Cult. 2021;9(2):27–40.

Mayuni IGAO. Peran Pengasuh dalam Penanganan Bullying di Pesantren Darul Ihsan Aceh. Psikoborneo J Ilm Psikol. 2017;1(1223–1225).

Marasaoly S. Pencegahan Perundungan (Bullying) terhadap Siswa SD dan SMP dalam Implementasi Kota Peduli Ham di Kota Ternate. Polit J Huk Tata Negara dan Polit Islam. 2022;9(2):94–112.

Punuf Y. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) pada Remaja Awal. [Skripsi]. Universitas Mercu Buana Yogyakarta; 2019.

Theodore W, Sudarji S. Faktor-Faktor Perilaku Perundungan pada Pelajar Usia Remaja di Jakarta. Psibernetika. 2020;12(2).

Muvariz DH, Fitriani HN, Nisrina I, Nashori F. Forgiveness, Self-esteem, and Resilience in Adult Victims of Bullying. al-Balagh J Dakwah dan Komun. 2020;5(2):165–92.

Afriyeni N. Perundungan Maya (Cyber Bullying) pada Remaja Awal. J Psikol Insight. 2017;1(1):25–39.

Utami DA. Kepercayaan Interpersonal dengan Pemaafan dalam Hubungan Persahabatan. J Ilm Psikol Terap. 2015;3(1):54–70.

Kusprayogi Y, Nashori F. Kerendahhatian dan Pemaafan pada Mahasiswa. Psikohumaniora J Penelit Psikol. 2016;1(1):12–29.

Syafitri F, Wulandari MD, Psi S. Kampanye Anti-Perundungan (Bullying) untuk Mencegah Perundungan (Bullying) pada Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Pacitan. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2018.

Wulandari YE. Dinamika Kepribadian Penderita Psikotik dengan Riwayat Pengalaman sebagai Korban Perundungan: Sebuah Studi Kasus. Ristekdik J Bimbing dan Konseling. 2020;5(2):218–27.

Sinulingga KNVM, Wibawa S. Genre Analysis The Film Gundala. Capture J Seni Media Rekam. 2022;14(1):30–40.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v6i1.5631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.