Hubungan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Akademi Kebidanan Adhira Mustika Gayo Takengon
Abstract
Konsep diri merupakan keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya. Konsep diri akan memberikan kerangka acuan yang mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan terhadap orang lain.Sehingga dalam kepentingan prestasi, kemajuan dan perkembangan, konsep diri mempunyai peranan yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Akademi kebidanan Adhira Mustika Gayo Takengon Tahun 2021. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang dengan teknik pengambilan sampel total Sampling. Analisa data yang digunakan adalah uji Pearson. Hasil penelitian menunjukkanmahasiswa yang memiliki konsep diri positif berjumlah 34 orang (74%) dan yang memiliki konsep diri negatif sebanyak 12 orang (26%) dan mayoritas prestasi belajar mahasiswa berada pada kategori memuaskan (46%). Analisa data menggunakan uji korelasi statistik Pearson menunjukkan nilai signifikasi (p)=0,006 (p<0,05) dan (r) =0,594 sehingga hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri terhadap prestasi belajar mahasiswa semester V Akademi Kebidanan Adhira Mustika gayo Tahun 2021, sehingga disarankan kepada institusi pendidikan dan mahasiswa agar lebih meningkatkan konsep diri kearah yang lebih positif sehingga tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang berprestasi dapat tercapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Widyawati E. Analisis Pengaruh Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2012;1:67–72.
Riani WS, Rozali YA. Hubungan antara Self Efficacy dan Kecemasan saat Presentasi pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. J Psikol Esa Unggul. 2014;12(01):126836.
Susiloningtyas L. Hubungan antara Kompetensi Task Skill dan Adaptation Skill dengan Kinerja Bidan Lulusan Akademi Kebidanan Pamenang Kediri Menurut Persepsi Pengguna Jasa. [Skripsi]. UNS (Sebelas Maret University); 2010.
Triaristina A. Implementasi Manajemen Pembelajaran terhadap Konsep Diri dan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester VIII Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyah Pringsewu: Indonesia. J Manaj Pendidik Islam Al-Idarah. 2019;4(1):16–22.
Suprihatin T. Prestasi Akademik ditinjau dari Model Bimbingan Akademik. Pros Temu Ilm Nas X Ikat Psikol Perkemb Indones. 2017;1.
Nurmadiah N. Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. [Skripsi].Universitas Riau; 2018.
Efendi AL, Rosra M, Yusmansyah Y. Hubungan antara Konsep Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. J Bimbing Konseling ALIBKIN. 2014;3(1).
Perni NN. Tantangan dalam Manajemen Sekolah Dasar. Adi Widya J Pendidik Dasar. 2019;3(1):37–48.
Farikhah S. Manajemen Lembaga Pendidikan. Jakarta: Aswaja Presindo; 2015.
Darmadi H. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. Semarang: Kawan Pustaka; 2019.
Muhammad DH, Deasari AE, Dirgayunita A. Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. J Pendidik Islam Al-Ilmi. 2021;4(1):1–13.
Anggraeni FP. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Ekonomi pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2010/2011. [Skripsi]. UNS (Sebelas Maret University); 2011.
Simamora L. Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Form J Ilm Pendidik MIPA. 2015;4(1).
Nirwana N. Gambaran Perubahan Konsep Diri Remaja Putri Setelah Mengalami Menarche di SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa Tahun 2012. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2012.
Alfaizin L. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Mahasiswa Overweight di Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2010.
DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v5i1.5154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606