Hubungan Persepsi Mahasiswa pada Metode Demonstrasi dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Askeb I (Kehamilan) Pada Mahasiswa Tingkat II di Prodi D-III Kebidanan Universitas Prima Indonesia Medan

Hirayani Yani, Elvi Era Liesmayani

Abstract


Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Dari hasil nilai KHS Mata Kuliah Asuhan Kebidanan kehamilan pada tahun 2016 yang didapat secara acak mayoritas yang memperoleh nilai C (cukup) sebanyak 17 orang (41,46%), dan minoritas yang memperoleh nilai D (kurang) sebanyak 1 orang (2,43%).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang metode demonstrasi dengan hasil belajar  mata kuliah askeb I (Kehamilan) pada mahasiswa tingkat II di Prodi DIII Kebidanan Universitas Prima Indonesia Medan tahun 2016. Penelitian ini bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat II di Prodi DIII Kebidanan Universitas Prima Indonesia yaitu sebanyak 41 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan total population. Data yang digunakan adalah data primer dengan analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang metode demonstrasi dengan hasil belajar  Mata Kuliah Askeb I (Kehamilan). dengan nilai p = 0,014 (< 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang metode demonstrasi dengan hasil belajar  mata kuliah askeb I (Kehamilan) pada mahasiswa tingkat II di Prodi DIII Kebidanan Universitas Prima Indonesia Medan tahun 2016. Disarankan kepada institusi pendidikan untuk dapat menghimbau para dosen untuk membuat variasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode-metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan.


Keywords


Persepsi, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Askeb I (Kehamilan)

Full Text:

PDF

References


Sanjaya W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana; 2011.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Azwar S. Sikap Manusia Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Lumbanraja SN. Asi Dan Aspek Klinisnya Medan: USU Press; 2015.

Sindikker. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. [Dokumen Internet]. 2012.[diunduh 22 Juli 2016]. Tersedia dari : http://Sindikker.dikti.go.id> UU122012_Full.

Siregar E, Nara H. Teori Belajar dan Pembelajaran. 1st ed. Bogor: Ghalia Indonesia; 2010.

Kosasih N, Sumarna D. Pembelajaran Quantum & Optimalisasi Kecerdasan Bandung: Alfabeta; 2013.

Sanjaya HW. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 8th ed. Jakarta: Prenada Media; 2011.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2011.

Jihad A, Haris A. Evaluasi Belajar. 1st ed. Yogyakarta: Multi Presindo; 2012.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta; 2013.

Sobry SM. Belajar Dan Pembelajaran Lombok: Holistica; 2013.

Sanjaya W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenadamedia Group; 2013.

Gaol PL. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tingakat II tentang Pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal (APN) dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II di Akademi Kebidanan Harapan Mama Deli Serdang. Medan: STIKes Helvetia Medan; 2014.

Nurhayati. Hubungan Persepsi Mahasiswi Terhadap Keterampilan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Askeb I (Kehamilan) pada Akademi Kebidanan Sehat Medan. [Skripsi]. STIKes Helvetia Medan; 2014.

Sinaga FH. Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita dan Pra Sekolah di Prodi D-III Kebidanan STIKes Imelda Medan. Medan: STIKes Helvetia Medan; 2015.

Jihad A. Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo; 2012.

Bartini, Istri. ANC Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Normal. Yogyakarta : Nuha Medika, 2012.

Hodijah, Siti. Hubungan Metode Ceramah Dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pemeriksaan Fisik Ibu Hamil. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang Diploma IV, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju. Jakarta : s.n., 2014.

Siagian, Anita Adelisma. Hubungan Antara Metode Ceramah dan Diskusi dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidana III Pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Bina Daya Husada Kisaran tahun 2014. STIKEs Helevtia Medan. Medan : D4 Bidan Pendidik, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v1i2.4891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Julina Br. Sembiring
Department of Pshycology, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: persepsipsikologi@helvetia.ac.id.