Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester III dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Askeb II Program Studi D-III Kebidanan Universitas Prima Indonesia
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada mahasiswi yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan dengan adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester III Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Askeb II Program Studi D-III Kebidanan Universitas Prima Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III di Prodi D-III Kebidanan Universitas Prima Indonesia Medan Tahun 2016. sebanyak 50 orang yang terdiri dari 1 kelas. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden dengan menggunakan Total Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil Penelitian Ada hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan 2 (persalinan) di Program Studi D-III Kebidanan Universitas Prima Indonesia Medan Tahun 2016 dengan nilai probabilitasnya 0,013 atau <0,05. Kesimpulan dari penelitian diharapkan dapat di gunakan sebagai salah satu indikator dalam menentukan kebijakan berkaitan dengan upaya peningkatan pengetahuan dan hasil belajar mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadillah AER. Stres dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang Sedang Menyusun Skrispi. Psikoborneo J Ilm Psikol. 2013;
Nurrita T. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat J Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb. 2018;3(1):171.
Manizar E. Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib. 2015;1(2):204–22.
Supratiknya A. Penilaian hasil belajar dengan teknik nontes. Yogyakarta Univ Sanata Darma. 2012;
Syafi’i A, Marfiyanto T, Rodiyah SK. Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. J Komun Pendidik. 2018;2(2):115–23.
Pratiwi WM, Elvandari W. Kuliah Jurusan Apa? Kedokteran. Gramedia Pustaka Utama; 2016.
Masni H. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. J Ilm Dikdaya. 2017;5(1):34–45.
Haq A. Motivasi belajar dalam meraih prestasi. J vicratina. 2018;3(1):193–214.
Nugraha U. Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Cerdas Sifa Pendidik. 2015;4(1).
Fitriana S, Ihsan H, Annas S. Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. J Educ Sci Technol. 2015;1(2):86–101.
Sulfemi WB. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor. 2019;
Wibowo I, Hidayat A. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan IA Mahasiswa Semester II Program Studi D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta; 2014.
DOI: https://doi.org/10.33085/persepsi.v1i1.4860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapten Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282162165553. Tel/Faks: (061) 42084606