Hubungan Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien Post Operasi di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan
Abstract
Kualitas pelayanan Rumah Sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil Rumah Sakit, efisiensi dan efektivitas pelayanan serta kepuasan pasien. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi perawat dalam berinteraksi dengan pasien. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sabagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan yang diberikan dalam bentuk keluhan pasien ataupun keluaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Post operasi yang berjumlah 477 responden. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu pengambilan untuk suatu tujuan dengan cara menetapkan karakteristik tertentu yang dianggap mewakili populasi, pengambilan sampel adalah dengan teknik slovin yang berjumlah 83 responden. Hasil analisa dengan menggunakan Uji Chi-Square test memperlihatkan bahwa nilai signifikan probabilitas (Asymp.Sign) Komunikasi perawat 0,002<nilai sig α 0,05, hal ini membuktikan bahwa ada hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien di RSU Mitra Medika. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik ada hubungan komunikasi perawat dengan pasien post operasi di RSU Mitra Medika Medan Tahun 2021. Untuk perawat disarankan agar mempertahankan komunikasi perawat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu pada pasien post operasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Defi Mernawati. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Heal Perspect J. 2016;1(1):45–52.
Latif M. Hubungan Teknik Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien Post Operasi di Ruang SP2KP Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr H Aloei Saboe Kota Gorontalo. Vol. 1. [Skripsi]: Universitas Gorontalo; 2017.
Kristina, Sukmandari A, Putu. The Corelation Between Nurse Therapeutic Communication Aand Patient Satisfaction In Tabanan Regional Hospital. Int J Public Heal Exellence. 2020;8(2):135–45.
Hidayatullah MS. Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. J Keperawatan Prof. 2020;8(1):62–73.
Liestriana D. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Pasca Operasi Rawat Inap Di Rsud Kajen Kabupaten Pekalongan. Keperawatan. 2017;1(1).
Meri D, Amin S, Saputra TA. Komunikasi Terapeutik Perawat dan Hubungannya dengan Tingkat Kepuasan Pasien Post Operasi di Rumah Sakit Sansani Pekanbaru. J Keperawatan. 2022;7(1):114–20.
Issa J, Tabares. Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. J Teknol dan Sist Inf Univrab. 2019;1(1):2019.
Prabowo T. Komunikasi dalam Keperawatan. Edisi 1. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU; 2017. 43-51 p.
Pery, Tanto Hariyanto RCAW. Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasaan Pasien yang Dilakukan Pembedahan Elektif di Rumah Sakit Ibu dan Anak Iphi Batu. Nurs News (Meriden). 2018;1(2):390–1.
Fibrian KC, Suryawati C. Peran Komunikasi dan Edukasi Pra Operatif terhadap Kepuasan Pasien Pasca Operasi Katarak: Literature Review. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2023;6(2):222–31.
Lestari HD, Armi A, Rogayah R. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Nurs Anal J Nurs Res. 2022;2(1):15–21.
Mawitjere omega T. The Correlation Between Nurse Therapeutic Communication And Patient Satisfaction In Tabanan Regional Hospital. E-jurnal Nurs Curr. 2017;5(1):1–6.
Sihotang EK. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Post Operasi di Ruangan Santa Maria Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. 2019.
DOI: https://doi.org/10.33085/jnu.v4i2.5701
Refbacks
- There are currently no refbacks.