Optimalisasi Pelayanan Kesehatan melalui Sistem Informasi Kesehatan (SI ASIK) di Kota Kendari: Perspektif Peningkatan Public Value
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi mengalami perkembangan yang pesat. Penggunaan teknologi informasi tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dalam rangka peningkatan sektor publik, pemerintah dituntut untuk meningkatkan kinerja, tanggung jawab, dan kepercayaan masyarakat serta lebih fokus dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dengan merevitalisasi administrasi publik dengan meningkatkan transparansi dan mengutamakan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan menilai public value dalam implementasi sistem informasi kesehatan (SI ASIK) dalam optimalisasi manajemen layanan kesehatan di Kota Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dengan lima informan kunci yang mampu mendeskripsikan tujuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan riview literatur dan wawancara mendalam serta waktu penelitian berlangsung selama Juni 2022. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, implementasi sistem informasi kesehatan SI ASIK sudah sangat baik dengan mengintegrasikan berbagai informasi dari para penyelenggara layanan kesehatan. Informasi yang ditampilkan pada website SI ASIK sangat membantu masyarakat karena bersifat praktis dan murah. Dengan kemudahan akses pada website, masyarakat diharapkan akan lebih peduli dengan kesehatan dan pola serta gaya hidup yang sehat. Laporan dari setiap penyelenggara layanan kesehatan juga dapat membantu Dinas kesehatan dalam mengambil keputusan mengenai berbagai macam kebijakan kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kuye OL, Akinwale OE. Conundrum of Bureaucratic Processes and Healthcare Service Delivery in Government Hospitals in Nigeria. J Humanit Appl Soc Sci. 2021 Feb;3(1):25–48.
Manan F, Nasir M, Saidin S. Strategi Inovasi Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. NeoRespublica J Ilmu Pemerintah. 2020;1(2):119.
Karltun A, Sanne JM, Aase K, Anderson JE, Fernandes A, Fulop NJ, et al. Knowledge Management Infrastructure to Support Quality Improvement: A Qualitative Study of Maternity Services in Four European Hospitals. Health Policy (New York). 2020 Feb;124(2):205–15.
Dayal, Hort K. Quality of Care : What are Effective Policy Options for Governments in Low and Middle Income Countries to Improve and Regulate the Quality of Ambulatory Care? Geneva: Police Brief; 2015.
Indrajit RE. Electronic Government. Yogyakarta: Preinexus; 2016.
Calundu R. Manajemen Kesehatan. Makassar: Sah Media; 2018.
Dinas Kesehatan Kendari. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Kendari: Dinas Kesehatan Kendari; 2020.
Arora L, Ikbal F. Experiences of Implementing Hospital Management Information System (HMIS) at a Tertiary Care Hospital, India. Vilakshan - XIMB J Manag. 2021 Nov;18(1).
Hartono TY. Efektifitas Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda. eJournal Adm Negara. 2016;4(2):4027–41.
Sastrawan S. Tinjauan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan di Tingkat Kabupaten dan Puskesmas. Perspekt Akad Indones. 2020;1(1):1–12.
Han B-C. The Transparency Society. USA: Stanford University Press; 2020.
Nugroho HSW, Sillehu S. Berbagai Faktor Penghambat Implementasi Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia. 2-TRIK TUNAS-TUNAS Ris Kesehat. 2015 May;5(2):115.
Megatsari H, Laksono AD, Ridlo IA, Yoto M, Azizah AN. Perspektif Masyarakat tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Bul Penelit Sist Kesehat. 2018;21(4):247–53.
Hartono B. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.; 2013.
World Health Organization. Health Policy. Geneva : World Health Organization; 2020.
Moore MH. Recognizing Public Value. Handbuch Cambridge: Harvard University; 2013.
DeLone WH, McLean ER. Information Systems Success Measurement. Found Trends® Inf Syst. 2016;2(1):1–116.
Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya; 2018.
Creswell JW, Plano Clark VL. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Ed., 3rd. London: Thousand Oaks, CA: K. G. Saur; 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta; 2019.
Chaq MRM, Fanida EH. Kualitas Pelayanan Braille E-Ticket and Extraordinary Access for Visual Disabilities (Brexit) untuk Rehabilitasi Sosial Bina Netra oleh UPT Puskesmas Janti Kota. Publika. 2022;10(3):1009–24.
DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v5i3.5308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sponsored/Supported by:
Contact Person:
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606