Efektifitas Penyuluhan dan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Anak Balita Gizi Kurang di Puskesmas Medan Sunggal

Ainun Mardhiah, Rina Riyanti, Marlina Marlina

Abstract


Memiliki anak yang sehat, cerdas dengan bergizi yang seimbang adalah dambaan semua orangtua. Anak di bawah umur lima tahun termasuk salah satu kelompok yang berisiko tinggi mengalami gangguan perkembangan fisik apabila ada gangguan gizi. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas penyuluhan dan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu anak balita gizi kurang di Puskesmas Medan Sunggal. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan quasi experimental desain dan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak balita (usia 0-60 bulan) gizi kurang berjumlah 32 ibu dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji wilcoxon, pengetahuan pada penyuluhan memiliki nilai = Z -2,965 dan nilai p = 0.003 dan pengetahuan pada media audio visual memiliki nilai Z = -3,213 dan nilai p = 0,001. Sedangkan sikap pada penyuluhan memiliki nilai = Z -2,754 dan nilai p = 0.006 dan  sikap pada  media audio visual memiliki nilai Z = -3,068 dan nilai p = 0,002. Diperoleh kesimpulan bahwa media audio visual lebih efektif daripada penyuluhan dalam peningkatan pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang untuk anak balita.


Keywords


Pengetahuan, Sikap, Penyuluhan, Media Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Maryam S. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta Selatan: Salemba Medika; 2016.

Wirawan S, Abdi LK, Sulendri NKS. Penyuluhan dengan Media Audio Visual dan Konvensional terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. J Kesehat Masy. 2014;10(1):80–7.

Supariasa IDN, Nyoman D. Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Jakarta: EGC; 2012.

WHO. Perinatal Mortality: World Health Organization. Perinatal Mortality: A listing of available information. Geneva; 2015.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. InfoDATIN: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2014.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Harahap R, Lubis Z, Ardiani F. Gambaran Perilaku Sadar Gizi pada Keluarga yang Memiliki Balita Gizi Kurang dan Gizi Buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Desa Lalang. J Gizi, Kesehat Reproduksi dan Epidemiol. 2015;1(4).

Erisanti M, Nisa FZ, Luglio HF. Keefektifan Pembelajaran Gizi Seimbang melalui Media Audiovisual, Metode Ceramah dengan Alat Bantu, dan Metode Ceramah Tanpa Alat Bantu terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku tentang Gizi pada Siswa Sekolah Dasar. [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada; 2014.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

Wea KB. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual terhadap Perilaku Ibu dalam Penanganan Infeksi Saluran Pernafasan Akut pada Balita di Kelurahan Lebijaga Kabupaten Ngada. J CSNJ (Critical, Medical, Surg Nurs Journal). 2015;6(2).

Kapti RE, Rustina Y, Widyatuti W. Efektifitas Audiovisual Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Tatalaksana Balita dengan Diare di Dua Rumah Sakit Kota Malang. J Ilmu Keperawatan. 2013;1(1):53–60.

Wawan A, Dewi M. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha medika; 2010. 11-18 p.

Wijayanti EE. Peran Ibu terhadap Pemberian Gizi Pada Anak Usia 1–5 Tahun di Desa Sumur Geneng Wilayah Kerja Puskesmas Jenu Kabbupaten Tuban. J Stikes Nu Tuban. 2014;3(2).

Muchtar M. Pengaruh Metode Ceramah dengan Media Audio Visual dan Poster Kalender terhadap Perilaku Gizi Ibu Balita Gizi Kurang dan Gizi Buruk di Kabupaten Bireuen. [Tesis]. Universitas Sumatera Utara; 2011.

Sulistyoningsih H. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Vol. 52. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2011. 57-58 p.

Saragih FS. Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Makanan Sehat dan Gizi Seimbang di Desa Merek Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun Tahun 2010. [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara; 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta, editor. Bandung; 2012.

Soekidjo N. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Maulana HDJ. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC; 2009.




DOI: https://doi.org/10.33085/jkg.v3i1.4549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                     

Contact Person:

Hasanah Pratiwi Harahap
Department of Magister of Public Health, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6282 3659 99629. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: kesehatanglobal@helvetia.ac.id.