Pengaruh Pemberian Terapi Brain Gym terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Plus Wahidiyah Desa Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
Abstract
Latar Belakang :Senam otak dapat membuat segala macam pelajaran menjadi mudah sehingga mampu meningkatkan kemampuan belajar anak karena senam otak ini mendorong keseimbangan aktivitas kedua belahan otak secara bersamaan sehingga potensi kedua belahan otak akan seimbang. Dengan adanya senam otak maka anak akan melakukan gerakan-gerakan yang mampu mendorong sistem kerja tubuh sehingga mempengaruhi kemampuan motorik kasar pada anak. Brain gym dipelopori oleh Paul Dennison dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan belajar.Tujuan:Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi brain gym terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 4 - 5 tahun di TK PLUS Wahidiyah. Metode:Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Populasi dalam peneliti ini sebanyak 30 responden usia4-5 tahun dengan penentuan sampel penelitian menggunakan total sampling. Analisis data digunakan uji paired t test dan digunakan aplikasi SPSS.Hasil :Dari hasil pengamatan sebelum diberikan (brain gym) sebagian besar 19(63,3%) responden memiliki kemampuan sistem motorik kasar kurang terhadap anak usia 4-5 tahun dan setelah diberi (brain gym) hampir seluruhnya 25(83,3%) responden memiliki kemampuan motorik kasar baik pada anak umur 4-5 tahun.Hasil uji paired t test didapatkan p value= (0,000) pemberian terapi brain gym terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia 4 – 5 tahun di TK PLUS Wahidiyah.Kesimpulan : Brain gym sangat praktis, karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja oleh siapa saja termasuk bayi. Porsi latihan yang tepat sekitar 10-15 menit, sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jendral Managemen Pendidikan dan Menengah Kementrian Nasional; 2015.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Buku Ajar Respirologi Anak Edisi Pertama. In jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia; 2015.
Program M, Ilmu S, Fakultas K, Kesehatan I, Tribhuwana U, Malang T, et al. Nursing News, 2018, 3 (5) 39–47.
Yuliansih A. Pengaruh Senam Irama terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Kesehatan Anak 2015;,2(4) 39-45.
Akhmat sukri dan Eli Purwanti. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi. 2012;4 (3):5-10.
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Kencana; 2018.
Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta; 2013.
Lina Madyastuti. Pengaruh Senam Otak terhadap Peningkatan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Anak. 2015;2(1):67–80.
Decaprio. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolahan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2013.
Apriana R. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Bayumanik Universitas semarang. Jurnal Kesehatan Anak. 2009;1(2):67–80.
Paul E. Byain Gym and Me. Jakarta: Rineka cipta; 2015.
Ihsan. Dasar- Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, editor. 2015.
Yunita Saiful. Pengaruh Brain Gym ( Senam Otak ) terhadap Perkembangan Motorik Halus, Kognitif, Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan. 2012;3(23–24):26–8.
Pengaruh Metode Brain Gym terhadap Keampuan Motorik Anak . 2015; Jurnal Kesehatan,2018,3(2)6–9.
Hasibuan Rachman AE. Pengaruh Metode Brain Gym terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok E. Jurnal Kesehatan Anak. 2015; 3(4)26–35.
DOI: https://doi.org/10.33085/jbk.v4i3.5002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bidan Komunitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sponsored/Supported by:
Contact Person: Wardiah Suryani
Midwifery Department, Faculty of Pharmacy and Health, Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124.
Call/WA : +6281993662783. Telp : (061) 42084106
email : bidankomunitas@helvetia.ac.id