Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Ulang Kembali Pasien Umum Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Sundari Medan

Markus Sastra Eli Zebua, Dilla Fitria, Aida Sulisna

Abstract


Pendahuluan:Mutu pelayanan kesehatan merupakan derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang di berikan oleh Rumah Sakit kepada pasien sesuai dengan standar pelayanan, sehingga berdampak pada kepuasaan dan loyalitas pasien. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh dimensi mutu terhadap kepuasan dan minat berkunjung ulang kembal ipasien umum rawat jalan di RSU Sundari Medan Tahun 2021.Metode : Menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional.Lokasi penelitian di RSU Sundari Medan. Populasi penelitian seluruh pasien umum rawat jalan yang baru melakukan pengobatan di Rumah Sakit Umum Sundari Medan dan sampel sebanyak 68 orang. Hasil : Menunjukkan  bahwa variabel  responsiveness (daya tanggap) memiliki nilai p=0,004<0,05, reliability (reliabilitas) p=0,005<0,05, assurance (jaminan) p=0,018<0,05, emphaty (empati) p=0,014<0,05, dan tangible (bukti fisik) p=0,600>0,05. Kesimpulan : ada pengaruh responsiveness (daya tanggap), reliability (reliabilitas), assurance (jaminan), emphaty (empati) terhadap kepuasan dan minat berkunjung ulang kembali pasien umum rawat jalan dengan p sig< 0,05, tidak ada pengaruh tangible (bukti fisik) terhadap kepuasan dan minat berkunjung ulang kembali pasien umum rawat jalan dengan p sig> 0,05. Disarankan agar petugas kesehatan lebih sigap dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan diberikan.

Keywords


Mutu Pelayanan, Kepuasan dan Minat Kunjung Ulang Pasien Umum Rawat Jalan

Full Text:

PDF

References


Pangerapan DT, Palandeng OELI, Rattu AJM. Hubungan Antara Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. J Kedokt Klin. 2018;2(1):9–18.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta : Republik Indonesia; 2009.

Henny S. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang di Klinik SpOG Rumah Sakit dr. Pirngadi Medan Tahun 2016. [Skripsi]. UIN Hidayatullah; 2017.

Gusmawan F, Haryadi H, Sutrisna E. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Karakterisitk Sosiodemografi terhadap Minat Kunjungan Ulang yang Dimoderasi oleh Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. J Ekon Bisnis, dan Akunt. 2020;21(4).

Vigaretha G, Handayani OWK. Peran Kepuasan Pasien sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2018;2(4):543–52.

Sulaiman S, Anggriani A. Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar. J Endur Kaji Ilm Probl Kesehat. 2019;4(2):252–61.

Walyani, Elisabeth Siwi D. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2015.

Lontaan V, Rumayar AA, Tucunan AAT. Hubungan antara Persepsi Pasien terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. KESMAS. 2019;7(5).

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. J Kesehat Vokasional. 2017;2(1):140–7.

Jalias SJFD, Idris FP. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Minat Kembali Pasien melalui Tingkat Kepuasan di Puskesmas Tamalate Makassar 2020. J Muslim Community Heal. 2020;1(2):37–49.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.

Habibi AH, Hakim FH, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2020;4(2):11–21.

Sari YM, Harahap J, Lubis M. Faktor Penentu Minat Berkunjung Ulang Pasien Tuberkolosis di Poliklinik Paru di Rumah Sakit Pirngadi di Medan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(1):67–73.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i2.5076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.