Faktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Komplain di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mitra Medika Tanjung Mulia Medan

Nodis Putra Simanjuntak, Andini Mentari Tarigan

Abstract


Pendahuluan:Pelayanan kefarmasian rumah sakit merupakan kegiatan yang berperan penting dalam menunjang pelayanan kesehatan. ketepatan waktu dalam pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan mengurangi komplain dari pasien.Tujuan:untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan terjadinya komplain di instalasi farmasi RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan Tahun 2021.Metode:Menggunakanmetode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional.Lokasi penelitian di RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan. Populasi penelitian seluruh pasien rawat jalan yang melakukan pengobatan di RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan dan sampel sebanyak 9250 orang.Hasil: Menunjukkan bahwa variabel bukti nyata dengan p-value 0,004<0,05, keandalan dengan p-value 0,008<0,05, daya tanggap dengan p-value 0,000<0,05, jaminan dengan p-value 0,000<0,05 dan empati dengan p-value 0,002<0,05Kesimpulan:ada hubungan variabel bukti nyata, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dengan terhadap faktor yang berhubungan dengan terjadinya komplain di instalasi farmasi RSU Mitra Medika Tanjung Mulia Medan dengan p sig> 0,05. Disarankanagar petugas di instalasi farmasi tetap mempertahankan mutu pelayanan yang sudah baik dan meningkatkan mutu pelayanan yang masih kurang, sehingga pasien tetap akan merasa puas.

Keywords


Kualitas Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Komplain

Full Text:

PDF

References


Induniasih RW. Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta Pt Pustaka Baru. 1st ed. 2017;

Heri D. J. Maulana. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2013.

Yulia SD, Riza Y, Masyarakat K, Masyarakat FK, Kalimantan UI, Masyarakat K, et al. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS di Rumah Sakit Ulin Banjarmasih Tahun 2020. [Skripsi] Universitas Islam Kalimantan; 2020.

Anggraeni DS. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. J Online Mhs Fak Ilmu Sos dan Ilmu Polit Univ Riau. 2015;2(1):68–70.

Arifiyanti AL. Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya. J Manaj Kesehat Yayasan RS Dr Soetomo. 2017;3(1):118–31.

Hakim L, Irbantoro D. Penurunan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu. Kedokt Brawijaya. 2015;28(2):163–8.

Muhammad I. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.

Muninjaya G. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. 2nd ed. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2011.

Hayati M, Marwati TA. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Pembalah Batung Amuntai kecamatan Amuntai Tengah. Fakultas kesehatan masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. [Skripsi]. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta; 2012.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i2.5071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.