Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Umum di RSU Mitra Medika Amplas Medan

Erika Mahara

Abstract


Pendahuluan :Rumah sakit harus memiliki strategi untuk mempertahankan respon baik dari pasien lama karena mencari pelanggan baru lebih sulit dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan lama. Bauran pemasaran merupakan komponen dari elemen-elemen yang membentuk strategi campuran pemasaran, yang terdiri dari 4P yaitu product (Produk), price (Harga), promotion (Promosi) dan place (Tempat). Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran terhadap minat kunjung ulang pasien umum di RSU Mitra Medika Amplas Medan.Metode :Jenis penelitian ini adalahdeskriptifanalitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum rawat jalan sebanyak 181 responden.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien umum rawat jalan sebanyak 64 responden.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 30 pernyataan yang sudah di validasi.Teknik analisa data menggunakan Univariat dan Bivariat.Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas bauran pemasaran terhadap minat kunjung ulang pasien umum dengan kategori  sangat setuju 36 (56,2%) responden, dan minat kunjung ulang pasien umum yaitu mayoritas berminat sebanyak 25 (39,1%) responden. Uji Chi-Square diperoleh nilai p=0,005 < 0,05. Kesimpulan :Terdapat hubungan bauran pemasaran product (produk), price (harga), promotion (promosi) dan place (tempat) terhadap minat kunjung ulang pasien umum di RSU Mitra Medika Amplas Medan Tahun 2020. Diharapkan kepada pihak manajemen rumah sakit khususnya bagian pemasaran  memperhatikan bauran pemasaran rumah sakit agar minat kunjung ulang pasien umum akan meningkat.

Keywords


Bauran Pemasaran, Minat Kunjung, Pasien Umum

Full Text:

PDF

References


Rumyeni R, Anggraeni DS. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. J Online Mhs Fak Ilmu Sos dan Ilmu Polit Univ Riau. 2015;2(1).

Herlambang S. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016.

Syafar M, Hamzah A, Amelia R. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar 2013. J Adm dan Kebijak Kesehat Indones. 2014;3(1).

Undang-Undang R.I Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. 2009;

Heri D. J. Maulana. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2013.

Tjahjono Koentjoro. Regulasi Kesehatan Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset; 2007.

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. J Kesehat Vokasional. 2017;2(1):140–7.

Tjandra Yoga Aditama. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI-Press; 2006.

Sari ID. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogjakarta: Nuha Medika; 2010.

Hartono B. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2010.

Limakrisna N. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media; 2017. 262 p.

RSU Mitra Medika Medan Amplas [Internet]. Medan; 2020. Available from: http://mitramedika-amplas.co.id/

Muhammad Iman. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Citapustaka Media Perintis; 2015.

Nurlia C, Hamzah A. Indar. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2011. J Adm dan Kebijak Kesehat. 2012;1(1):15–21.

Debora L, Sulistiadi W. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review. J Adm Rumah Sakit Indones. 2019;5(1).

Wandira ba, kesehatan ut. persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan unit rawat inap rs anuta pura palu (dengan pendekatan bauran pemasaran/marketing mix).

Juhariah S. Pengalaman Pasien Dirawat Inap Sebagai Upaya Perencanaan Bauran Pemasaran (Studi Fenomenologi Di Rumah sakit X Kabupaten Malang, Jawa Timur). J Manaj Pelayanan Kesehat. 2012;15(3).

Setiawan A. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap Rsud Tenriawaru Bone. J Univ Hasanuddin diakses pada. 2019;2.

Wati H, Sutrisna E. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Pasien Mengunakan Jasa Layanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru. Riau University; 2017.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i1.4955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.