Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Bagian Pendaftaran RSU Mitra Medika Bandar Klippa

Addini Hidayati Saragih, Iman Muhammad

Abstract


Pendahuluan :Pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan perusahaan atau organisasi dalam rangka melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di bagian pendaftaran rawat jalan dari 15 responden , 10 orang mengatakan puas dan 5 orang mengatakan kurang puas terhadap pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan. Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di bagian pendaftaran Rumah Sakit Umum Mitra Medika Bandar Klippa Tahun 2020. Metode :Jenis penelitian ini adalah penelitiandeskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Lokasi Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Bandar Klippa.Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang mendaftar di pendaftaran rawat jalan RSU Mitra Medika Bandar Klippa dan sampel sebanyak 97 orang.Analisis data secara univariat, bivariat, multivariat.Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien p=0,105 > 0,05, ada pengaruh assurance terhadap kepuasan pasien p=0,005 < 0,05,  reliability, responsiveness, empathy terhadap kepuasan pasien p=0,000 < 0,05. Kesimpulan :Tidak adanya pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien, reliability, responsiveness, assurance, empathy berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Peneliti men menjaga kualitas pelayanan baik dari segi sarana dan prasarana terutama di bagian pendaftaran rawat jalan, terkait reliabilty, responsiveness, assurance dan empathy lebih ditingkatkan.


Keywords


Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien Rawat Jalan.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia. Rumah Sakit. Bandung: CV. Nuansa Aulia; 2010.

Nofiana H, Sugiarsi S. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Rekam Medis. 2011;

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangerang: Binarupa Aksara; 2010.

Muninjaya AAG. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2015.

Herlambang S. Customer Service Rumah Sakit Dan Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2018.

Tias UY. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Di TPPRJ Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. 2013;

Husada IAW. Faktor-Faktor Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Dalam Pelayanan Pendaftaran Bagian TPPRJ Di RSUD DR Harjono S Ponogoro.

Adhytyo DR. Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Gaster J Kesehat. 2013;10(2):22–32.

Company Profile RSU Mitra Medika Bandar Klippa. 2017.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cipta R, editor. Jakarta; 2012.




DOI: https://doi.org/10.33085/jrm.v4i1.4954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Sponsored/Supported by:

                      

Contact Person:

Andini Mentari Tarigan
Department of Hospital Administration, Faculty of Public Health, Institut Kesehatan Helvetia.
Jl. Kapt Sumarsono 107, Helvetia, Medan, Sumatera Utara - 20124, Indonesia.
Hp: +6285372281880. Tel/Faks: (061) 42084606
Email: rekammedic@helvetia.ac.id.